Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Banten memberikan penghargaan berupa piagam dan uang tunai kepada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat yang berprestasi dan inovatif. 
 
"Saya mengapresiasi Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang telah menyelenggarakan Anugerah ASN 2024, untuk memberikan apresiasi terhadap ASN yang berprestasi dan inovatif," kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, di Serang, Rabu. 
 
Beberapa kategori mulai dari kategori pegawai yang disiplin, pengelolaan kenaikan kepangkatan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan, perencanaan kebutuhan pegawai, layanan pensiun, pengembangan kompetensi, dan individu ASN. 
 
"Untuk yang kepribadian ada kepala OPD ter inovasi, kemudian yang berintegritas dan special mention. Kemudian beberapa juga tadi yang memang mereka punya prestasi dan punya inovasi yang dinilai oleh tim, bukan hanya oleh BKPSDM, tapi dari beberapa perguruan tinggi, praktisi bisnis, dan hasilnya tadi yang dinilai," katanya. 

Baca juga: HUT ke-498, Pemkab Serang fokuskan peningkatan ekonomi
 
Ajang atau sarana yang dibuat Pemda Kabupaten Serang untuk memberi ruang bagi ASN yang memiliki potensi. Sehingga, para ASN yang memang berprestasi dan inovatif bisa terlihat oleh pimpinan dan mendapatkan apresiasi.  
 
"Selain mendapatkan hadiah, tadi yang disampaikan Sekretaris BKN juga ada kenaikan pangkat luar biasa. Ini bagian dari seleksi untuk prasyarat itu. Kemudian ada yang menyampaikan ingin melanjutkan kuliah, itu bagian apresiasi dari pemda yang akan kita berikan beasiswa," paparnya.  
 
Tatu memastikan, kegiatan Anugerah ASN yang digelar BKPSDM akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Sebab, kegiatan tersebut merupakan ruang untuk para ASN. 

Baca juga: Bupati Serang temui mahasiswa yang aksi di depan Pendopo Bupati
 
Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman, mengatakan penganugerahan ASN 2024 digelar untuk mencari bibit-bibit ASN yang inovatif dan mempunyai prestasi. 
 
"Dengan acara ini berarti sebuah arena bertanding untuk menyampaikan sebuah gagasan dan ide kreatifnya dalam membangun masyarakat Kabupaten Serang. Kan basisnya bekerja sesuai tupoksinya untuk membangun Kabupaten Serang," katanya.
 
Kemudian untuk mengapresiasi ASN yang mempunyai inovasi dan prestasi. Setelah dilakukan apresiasi, diberikan berupa piagam dan uang pembinaan, termasuk juga beasiswa, yang akan memotivasi para ASN lainnya. 
 
"Sehingga meningkatkan jiwa kompetitif ASN yang positif, kompetitif untuk berprestasi dan berinovasi," katanya. 
 
Surtaman menyebutkan, adapun untuk kategorinya yaitu ASN berprestasi dan ASN terinovatif. ASN berprestasi harus sesuai dengan background dan tugas pokok yang membawa Pemkab Serang. 
 
Adapun para ASN yang berprestasi dan inovatif adalah Arif Roikhan Camat Carenang, Yuli Saputra Sekretaris DKPP, Beni Kusnandar Sekretaris Disporapar, Pandu Pangestu Kabid Pendataan, Pendaftaran dan Penetapan Bapenda, Rifa Imarah Dokter Ahli Pratama UPT Puskesmas Tirtayasa, Hana Maulida Pelaksana DKBP3A, Ahmad Khatib Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Pulo Ampel, dan Arif Abbas Alharsi Pelaksana Bapenda.

Baca juga: Pemkot Serang beri layanan kesehatan gratis bagi petugas Pilkada

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024