Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang menjanjikan perbaikan layanan yang salah satunya melalui program "Senyum 30" yang dilaksanakan mulai Oktober 2024.

"Per Oktober itu sudah dilakukan se-Banten karena dampaknya bagus," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Serang, Ahmad Fatoni di Serang, Rabu.

Ia mengatakan, secara teknis kegiatan "Senyum 30' itu yakni sebelum dilakukan pelayanan normal yang biasanya dimulai pukul 08.00 WIB, pihaknya mulai 30 menit sebelum itu menyapa para ahli waris atau tamu yang datang ke kantor BPJS dan menanyakan sesuai keperluannya masing-masing.

"Kita mulai dari 07.30 itu setiap hari melakukan "briefing" terlebih dahulu. Nah sebelum melakukan aktivitas hasil dari pembahasan tadi, kita melakukan turun semuanya keluar untuk menyapa para tamu atau ahli waris untuk menanyakan apa kebutuhan yang bisa diberikan pelayanan," kata Fatoni.

Baca juga: Pemkab Serang gandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk lindungi pekerja rentan

Setelah diketahui semua permasalahan dan termasuk berkaitan dengan kelengkapan administratif dari ahli waris tersebut, khawatir ada yang kurang dan perlu dilengkapi, maka mulai jam 8.30 WIB pelayanan tersebut mulai dibuka.

"Nah nanti oleh pegawai kami ditandain sesuai dengan kebutuhannya. Kalau cuma butuh informasi, nanti ada tim kami yang menginformasikan," kata dia menjelaskan.

Sehingga, kata dia, melalui layanan "Senyum 30" ini akan lebih mempercepat pelayanan kepada masyarakat serta bisa lebih awal mengetahui masalah administratif apa saja yang belum dilengkapi dalam pengajuan kebutuhan layanan dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Setiap hari rata-rata ada sekitar 200 orang yang harus diberikan layanan di kantor kami," katanya.

Baca juga: Wali Kota Cilegon serahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan pada 322 nelayan

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024