Pemerintah Kota (Pemkot) Serang bersama dengan Bank Indonesia (BI) Banten dan Pemerintah Provinsi Banten memanfaatkan lahan seluas 10 hektare di Kota Serang ditanami bawang merah untuk mewujudkan ketahanan pangan warga setempat. 
 
Pj Wali Kota Serang, Nanang Saefudin, di Serang, Rabu, mengatakan apa yang dilakukan ini nantinya menjadi percontohan untuk kabupaten/kota lain di Provinsi Banten. 
 
"Setiap hari Senin kita melakukan rapat evaluasi dan inflasi Kota Serang pada angka 2,04 persen. Ini masih aman dan penyumbang inflasi terbesarnya dari harga bawang dan cabai," katanya. 
 
Maka, lanjut dia, role model saat ini yang akan dijadikan contoh untuk tanam bawang, karena selama ini terlalu bergantung kepada daerah lain untuk pasokan bawang merah ataupun cabai. 
 
"Kalau hasil tanaman ini kita optimalkan maka dapat menghasilkan 10-12 ton dalam satu kali panen. Minimal untuk pasokan di Kota Serang dulu," katanya menambahkan.

Baca juga: BI Banten bersama poktan Banten belajar tanam bawang merah di Brebes

Pihaknya berharap penanaman ini juga dapat memberikan keuntungan baik bagi para petani, dan menjadi tugas pemerintah daerah serta pusat menjaga stabilitas harga. 
 
Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Haryo Kartiko Pamungkas, mengatakan untuk penanaman akan dilakukan pada 15 Oktober karena diharapkan dapat dipanen pada Desember 2024. 
 
"Saat ini baru penyebaran pupuknya. Dan di minggu depan tanggal 15 Oktober mulai tanam bawang merah. Karena harapan kami untuk panen itukan memakan waktu sekitar dua bulan sehingga pada Desember itu sudah panen," katanya. 

Baca juga: Petani di Kota Tangerang panen 600 kilogram bawang merah
 
Karena menurutnya pada Desember akan ada hari besar keagamaan mulai dari Natal dan Tahun Baru yang biasanya harga pokok itu akan naik termasuk bawang merah. 
 
"Produksi tanaman holtikultura tetap kami optimalkan agar tetap kontinu, sehingga nanti pada saat masyarakat butuh bawang maka sudah tersedia di Banten," katanya 
 
Sementara itu, untuk bibit bawang merah didatangkan langsung dari Brebes sebagai bibit unggulan.

Adapun lahan yang ditanami bawang merah berada di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Tiga hektare diantaranya full packed didukung oleh BI Banten dan tujuh hektare didukung oleh Pemprov Banten.

Baca juga: Bisa pengaruhi inflasi, Pemprov Banten jaga harga bawang merah

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024