Tangerang (Antaranews Banten) - Ribuan warga kecamatan Cibodas mengikuti Festival Kampung Ramadhan yang berisi sejumlah kegiatan perlombaan Islami.

Camat Cibodas, Gunawan Priahutama di Tangerang Rabu mengatakan, bulan Ramadhan adalah momentum untuk meningkatkan iman dan taqwa bagi setiap umat muslim. Oleh karena itu, Kecamatan Cibodas menggelar Kampung Ramadhan dengan tema menjadikan setiap pribadi terhindar dari penyakit hati.

"Pembangunan kota ini membutuhkan semua peran warga. Sinegersitas adalah kuncinya. Mari kita selalu instropeksi diri kita masing - masing agar terhindari dari penyakit hati sehingga setiap program yang kita rencanakan dapat terealisasi dengan sempurna," kata Gunawan Priahutama.

Gunawan juga menekankan program Tangerang Maghrib Mengaji dan Belajar serta Shalat Berjamaah kepada warga sebagai forum untuk menjalin silaturahmi, terutama di bulan Ramadhan ini.

Pasalnya, pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang saat ini melibatkan peran warga dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. Maka itu, setiap pembangunan yang dihasilkan agar dijaga dan dirasakan sebagai milik sendiri sehingga akan selalu terawat.

Terkait Festival Kampung Ramadhan, Gunawan menambahkan, perlombaan yang digelar seperti Tilawah, Tahfidz, Kaligrafi, Fashion Show, Rampak Bedug dan Cerdas Cermat. Pemenang lomba akan diikut sertakan dalam kegiatan di tingkat Kota pada penghujung bulan Ramadhan.

"Sebagai wilayah yang kultur masyarakatnya heterogen, kami berkomitmen untuk selalu menjaga kebersamaan dalam berbagai kegiatan dan merawat persatuan dan kesatuan melalui berbagai event," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri mengatakan, kegiatan Kampung Ramadhan akan dikelola oleh setiap Kecamatan dan Kelurahan. Kegiatan di serahkan kepada setiap wilayah sesuai dengan karakteristik dan kreativitasnya.

Kemudian di Kampung Ramadhan Kota Tangerang tahun 2018 ini, Pemerintah Kota Tangerang akan menyelenggarakan lomba Sahur Keliling dan Rampak Bedug di setiap kecamatan yang menjadi bagian dari penilaian Kampung Ramadhan.

Lomba tersebut bagian dari upaya Pemerintah Kota Tangerang untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah.

Selain itu, Sekda juga berharap agar lomba Sahur Keliling dan Rampak Bedug tersebut dapat mengangkat potensi di setiap wilayah sebagai Kota Layak Huni dan Layak Dikunjungi. Melalui Motto Kota Tangerang sebagai Kota Akhlakul Karimah, diharapkan bisa terimplementasi di kehidupan masyarakat.

"Kami bersama - sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Akhlakul Karimah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat yang berkehidupan aman dan nyaman," ujarnya. (Adv)

Baca juga: AP II Gelar "Safari Ramadhan" Berikan Bantuan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018