Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, Banten, menggelar Kejuaraan Antar-Kampung (Tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) 2024 guna melihat potensi bibit atlet pada beberapa cabang olahraga, sekaligus merayakan HUT ke-498 kabupaten pada 8 Oktober 2024.
 
"Kebetulan momennya HUT Kabupaten Serang, jadi kita gabungkan. Di samping itu juga ada festival dan promosi desa wisata," kata Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasadya, di Serang, Kamis. 
.
Beberapa cabang olahraga dalam Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024 yakni Lomba Fun Run 5K, bola voli, dan tenis meja. Disporapar Kabupaten Serang juga secara bersamaan menggelar lomba senam SKJ dan senam sehat bugar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta festival desa wisata dan promosi desa wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: PJSI Banten apresiasi atlet judo usai raih emas dan perunggu di PON 2024
 
Anas berharap rangkaian kegiatan tersebut bisa mewarnai hari Jadi Kabupaten Serang ke-498. Ada 5 lebih stan desa-desa wisata yang diharapkan tampil maksimal dalam  pameran maupun pertunjukan seni dan budaya.
 
"Jadi ada dua agenda di samping menampilkan hasil kerajinan maupun foto-foto destinasi wisata, mereka juga mudah-mudahan bisa menampilkan atraksi seni budaya yang bisa menambah daya tarik wisata," ungkapnya.
 
Sedangkan untuk lomba senam, voli, dan tenis meja, Anas mengaku sudah mengirimkan surat kepada setiap kecamatan untuk mengirimkan tim dan akan diikuti juga oleh semua puskesmas se-Kabupaten Serang.
 
"Kami sudah koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk dapat berkolaborasi dalam menyelenggarakan lomba senam sehat ini," ucapnya.

Baca juga: Eka Hospital digandeng KONI Tangsel jadi medical partner kesehatan atlet
 
Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Disporapar Kabupaten Serang Pipih Rosvianthie, mengatakan untuk kegiatan Fun Run 5K dibuka untuk umum dengan syarat usia kurang dari 40 tahun, sedangkan Fun Run Master dengan syarat usia di atas 40 tahun digelar pada 12 Oktober 2024 di Kecamatan Cikande bersamaan dengan kegiatan lainnya.
 
Kemudian untuk lomba voli dan tenis akan digelar selama dua hari pada 12-13 Oktober 2024. Voli bertempat di Kecamatan Anyer, sedangkan tenis meja di Taktakan Kota Serang.
 
"Semua kegiatan yang dibiayai oleh kementerian berikut hadiah dan uang pembinaannya," ujar Pipih.
 
Adapun untuk Senam SKJ Kemenpora dan senam sehat bugar Kemenkes digelar bersamaan di Kecamatan Cikande yang akan diikuti semua puskesmas se-Kabupaten Serang.
 
"Sedangkan untuk festival desa wisata dan promosi desa wisata (program) Kemenparekraf, jadi semua Bidang Disporapar menjadi pelaksananya," kata Pipih.

Baca juga: Kota Tangerang kirim 10 atlet ke Peparnas 2024 Solo

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024