Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menggelar vaksinasi rabies dan pengobatan gratis ditargetkan 100 dosis dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Provinsi Banten ke-24.
 
Dokter Hewan di Rumah Sakit Hewan Provinsi Banten, Adilla, di Serang, Kamis, mengatakan bahwa pengobatan dan vaksinasi rabies ini dalam rangka memperingati HUT Banten ke 24 yang digelar setiap tahun secara gratis.
 
"Untuk layanan kami buka setiap hari. Hanya saja untuk di hari ini pengobatan dan vaksinasi rabies dibuka secara gratis dengan target 100 dosis," katanya.
 
Vaksinasi rabies ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran penyakit rabies di wilayah Banten.

Baca juga: Pemprov siapkan sejumlah agenda khusus peringati HUT ke-24 Banten
 
Menurutnya, pengobatan dan vaksinasi rabies gratis ini disambut baik oleh masyarakat. Karena antusias yang mendaftar cukup banyak, sehingga target yang diterapkan diyakini dapat tercapai atau bahkan lebih.
 
"Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan pengobatan dan vaksinasi rabies gratis ini, jadi pasti melebihi target karena di pukul 11.00 WIB aja sudah ada 60 orang yang mendaftar," katanya.
 
Pemberian vaksin ini merupakan bagian dari program pemerintah, untuk memastikan kesehatan hewan peliharaan dan melindungi masyarakat dari risiko penyakit zoonosis.
 
Ia mengatakan, selama 14 tahun terakhir, Provinsi Banten telah berhasil mempertahankan status bebas rabies. Sehingga ke depan tidak ada lagi kasus positif rabies, yang ditemukan baik pada hewan maupun manusia.
 
"Kita juga baru mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian karena selama 14 tahun tidak adanya laporan mengenai kasus penyakit rabies di hewan maupun manusia. Maka ini mengindikasikan pengendalian kita yang cukup baik," katanya.

Baca juga: DKP Kota Tangerang gelar vaksinasi rabies gratis bagi 50 ekor hewan

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024