Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mempersiapkan sejumlah agenda khusus untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Provinsi Banten, Jumat (4/10).

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti di Serang, Rabu, mengatakan agenda peringatan tersebut bertujuan sebagai media pemersatu para pemangku kepentingan untuk bersama-sama menghadapi tantangan serta membangun provinsi itu.

Menurut dia, peringatan HUT ke-24 juga mengingat kembali sejarah berdiri dan pembentukan Provinsi Banten, serta merefleksikan dan mewujudkan kembali cita-cita luhur berdirinya provinsi yakni dalam rangka Banten yang maju, mandiri, sejahtera, berlandaskan iman dan taqwa.

"Pada peringatan HUT ke-24 ini Pemprov Banten telah membuat beberapa agenda kegiatan, diawali tanggal 3 Oktober hingga Desember 2024. Rangkaian ini panjang karena pada tahun ini juga bertepatan dengan pelaksanaan pilkada. Jadi kita harus menyesuaikan," katanya Virgojanti.

Baca juga: Gubernur Banten ingin investasi PIK 2 serap tenaga kerja lokal

Selanjutnya, ia menuturkan rangkaian peringatan HUT ke-24 Provinsi Banten akan diawali dengan berziarah ke Banten Lama serta dilanjutkan dengan agenda dzikir dan doa bersama di Masjid Raya Al-Bantani, KP3B Curug, Kota Serang.

"Kita juga ingin HUT Provinsi Banten ini hadir di delapan kabupaten/kota dengan berbagai macam kegiatan. Kita akan berkolaborasi sebagai tanda rasa syukur dan diharapkan peringatan HUT Banten selalu dinanti oleh masyarakat," katanya menambahkan.

Baca juga: Pemprov Banten dukung kemajuan budaya daerah di acara Seren Taun

Dalam rangkaian HUT ke-24 Provinsi Banten juga akan digelar rapat paripurna istimewa di DPRD Provinsi Banten, malam penganugerahan di Plaza DPRD Provinsi Banten, pelaksanaan job fair di halaman Masjid Raya Al-Bantani, serta pertandingan bola basket.

Lebih lanjut juga akan digelar senam bersama dan jalan sehat, tarian kolosal, pameran Harvesting Gernas BBI/BBWI Provinsi Banten, senam bersama dan penyerahan penghargaan bagi tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan di Lapangan Upacara Gubernur Banten.

Selain itu juga akan digelar Business Investment Forum, pertandingan badminton antar-OPD, Banten 10K serta Car Free Day di delapan kabupaten/kota seluruh Provinsi Banten.

Baca juga: Pemprov Banten pastikan masyarakat salurkan hak pilih di Pilkada 2024

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024