Dinas Pendidikan Kota Tangerang Banten menyebutkan kegiatan pembiasaan makan bergizi gratis (MBG) bulan Oktober 2024 menyasar 23 sekolah dengan total 10.839 siswa, yakni rinciannya 19 SD Negeri dan 4 SMP Negeri

“Untuk Tahap III ini, dijadwalkan sebanyak 23 SD-SMP Negeri akan melaksanakan Makan Bergizi Gratis, yakni 19 SD Negeri dan 4 SMP Negeri, hari ini 1 Oktober MBG berlangsung di SDN Kebon Besar 1, Kecamatan Batuceper, dengan 353 siswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jamaluddin di Tangerang Selasa.

Ia menjelaskan hingga akhir bulan September kemarin, sebanyak 69 sekolah dan 48.811 siswa SDN-SMPN telah merasakan langsung program tersebut.

“Dalam perjalanannya, Dindik Kota Tangerang pun terus melakukan serangkaian kegiatan evaluasi dan persiapan secara berkala, agar kegiatan MBG ini dapat terus berjalan sesuai dengan harapan dan target. Salah satunya, dengan rutin mengadakan rapat bersama penyedia catering, sekolah, dan ahli gizi setiap bulannya,” kata dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang biasakan anak makan nasi lewat program MBG

Saat ini MBG sudah masuk tahap III atau bulan ke tiga dan dijadwalkan akan terus berlangsung hingga November mendatang.

Kegiatan itu melibatkan delapan penyedia katering yang telah memiliki Sertifikat Layak Hygiene Sanitasi (SLHS) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Program itu, kata dia,  disambut antusias para pelajar. Siswa sangat menantikan makanan gratis ini sambil diedukasi bahwa makanan yang disediakan lengkap dengan nasi, lauk, sayur dan buah.

Kandungan gizi makanan pun sudah sesuai dengan rekomendasi yang ditetapkan, termasuk protein, vitamin, serat dan karbohidrat.

“Dengan terus melakukan evaluasi dan penyesuaian, diharapkan program MBG di Kota Tangerang dapat memberikan manfaat optimal bagi siswa dan meningkatkan kesehatan gizi mereka di Kota Tangerang,” kata dia.

Baca juga: MBG edukasi pelajar cegah penyakit melalui asupan makanan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024