Tangerang (Antaranews Banten) - Kota Tangerang masuk Dalam Kabupaten Kota penerima Penghargaan Sebagai Pendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
   
Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Cahyo Kumolo kepada empat provinsi dan 120 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis Nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC).
   
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi di Tangerang Kamis mengatakan, penghargaan diterima karena Kota Tangerang memiliki kontribusi diantaranya membentuk jaminan pembiayaan kesehatan bagi masyarakat miskin dan rentan dengan PROGRAM  MULTIGUNA pada tahun 2008 hingga  tahun 2015.
   
Pada Bulan Februari Tahun 2016 , Program Multiguna berintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional  dengan sasaran hanya masyarakat yang miskin dan tidak mampu yang didaftarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang ke BPJS Kesehatan sekitar 18.318 jiwa.
   
Hingga Bulan April 2018, jumlah kepesertaannya sudah mencapai 256.217 jiwa. Kepesertaan penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah Kota adalah 15 persen dari Jumlah penduduk 1,667,661 Kota Tangerang dengan capaian angka 95 persen.
   
Sementara itu, Direktur utama BPJS kesehatan Fachmi Idris mengutarakan jika pemberian penghargaan UHC ini dinilai dapat menularkan semangat menuju cakupan kesehatan semesta pada Pemerintah Daerah lainnya untuk bekerja sama dengan BPJS kesehatan dan mewujudkan terciptanya masyarakat Indonesia yang Madani dan berkeadilan sosial serta merupakan wujud sikap gotong royong yang harus terus di pupuk dan pertahankan sebagai filsafat kehidupan berbangsa Indonesia.
   
"Pemimpin terbaik yang saat ini dipilih oleh rakyat, baik Gubernur, Bupati atau Walikota pasti akan memberikan yang terbaik kepada rakyatnya. Termasuk dalam memberikan jaminan dan pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing" tukas Fachmi.
   
Dalam  UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dimana setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atau sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau. 

Baca juga: Pemain Cilegon United Diikutkan Program BPJS Ketenagakerjaan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018