Guna mendukung pengelolaan sampah di wilayah Kelurahan Gunung Sugih, PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) memberikan bantuan berupa motor roda tiga (cator) pengangkut sampah kepada Kelurahan Gunung Sugih dan kendaran tersebut akan dioperasikan Karang Taruna setempat untuk mendukung proses pengangkutan sampah di lingkungan masyarakat.

Program ini merupakan bagian dari kolaborasi internal karyawan Chandra Asri melalui program Office Waste Management, di mana sampah telah dipilah sejak di kantor. Melalui aksi ini, perusahaan berharap dapat menularkan semangat pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dari lingkungan kerja ke lingkungan masyarakat yang lebih luas.

“Kami berharap semangat pengelolaan sampah secara bertanggung jawab yang telah terbentuk di lingkungan kerja kami dapat direplikasi oleh masyarakat di Kelurahan Gunung Sugih untuk sama-sama menjaga lingkungan sekitar dengan meningkatkan kualitas pengelolaan sampah. Ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung program kebersihan lingkungan secara berkelanjutan," Kata Nicko Setyabudi, selaku Circular Economy & Partnership Manager dalam keterangan resminya.

Baca juga: Chandra Asri dapat penghargaan dari Wali Kota Cilegon terkait TPSA Bagendung

Selain menjadi bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, program ini juga mendukung konsep ekonomi sirkular yang mengajak masyarakat untuk mulai peduli terhadap lingkungan dari rumah. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan masyarakat lebih sadar akan pentingnya memilah sampah sejak dari rumah, bukan hanya untuk menjaga kebersihan, tetapi juga untuk menciptakan siklus daur ulang yang berkelanjutan. Sampah yang dipilah dengan baik sejak dari sumbernya akan memudahkan proses pengelolaan dan daur ulang, sehingga dapat mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA.

Di Cilegon, Chandra Asri Group telah mengimplementasikan berbagai program keberlanjutan, termasuk kolaborasi dengan masyarakat pesisir Pantai Anyer dalam pengelolaan sampah marine debris. Sebagai mitra pertumbuhan, Chandra Asri Group berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ekonomi sirkular, khususnya dalam konteks pengelolaan sampah rumah tangga.

“Setiap rumah tangga memiliki peran penting dalam memulai rantai daur ulang. Misalnya dengan memilah sampah plastk di rumah, masyarakat dapat berkontribusi pada upaya mengurangi limbah yang mencemari lingkungan bahkan mengkonversikannya menjadi tabungan bernilai rupiah,” tambah Nicko.

Bantuan cator ini tidak hanya dimaksudkan untuk meringankan beban pengelolaan sampah di Kelurahan Gunung Sugih, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan secara berkelanjutan. Dengan memulai langkah kecil seperti memilah sampah dari rumah, diharapkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan daur ulang dapat meluas di seluruh masyarakat, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman untuk masa depan yang lebih baik. 

Baca juga: Padamkan kebakaran TPSA Bagendung, Chandra Asri kerahkan water tank

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024