Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Hiu Kencana yang sekaligus menandai momen pengangkatan Jokowi sebagai warga kehormatan TNI Angkatan Laut.

Brevet Hiu Kencana disematkan langsung Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kepada Presiden Joko Widodo di bagian dada sebelah kanan yang berlangsung di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992).

Pada kesempatan itu juga dilakukan Penganugerahan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha kepada Komandan Kesatuan Kapal Selam Koarmada II untuk prajurit KRI Nanggala 402.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Presiden dan para menteri dan pejabat TNI yang hadir kemudian melakukan sesi foto bersama dan acara ditutup dengan sesi ramah-tamah dan dialog Presiden Jokowi dengan keluarga prajurit KRI Nanggala 402.

Baca juga: Presiden Jokowi minta daerah di sekitar IKN sokong kebutuhan pangan

Presiden didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartono kemudian melakukan pelayaran dengan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat.

Dikutip dari laman tniad.mil.id, Brevet Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan TNI AL, khususnya Satuan Kapal Selam, yang hanya diberikan kepada tokoh, warga, maupun prajurit di jajaran TNI yang dipandang telah berjasa serta memberikan perhatian dan perjuangan bagi TNI AL.

Sementara itu, tanda kehormatan Samkaryanugraha diberikan kepada kesatuan TNI yang telah berjasa dalam suatu operasi militer dan pembangunan untuk pertahanan negara dan bangsa.

Baca juga: Presiden Jokowi "groundbreaking" proyek resor mewah di IKN senilai Rp300 miliar

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024