Program studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan (UPH) akan memperkuat reputasi nasional dan internasional dan meningkatkan inovasi dalam penelitian usai meraih akreditasi unggul dari BAN-PT berdasarkan SK Nomor 5553/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/VIII/2024.

"Ke depannya Prodi Teknik Sipil UPH memiliki target strategis untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas yang telah dicapai serta menarik mahasiswa berprestasi dari seluruh Indonesia dan luar negeri," kata Ketua Prodi Teknik Sipil UPH Sadvent M Purba di Tangerang Jumat.

Ia mengatakan dicapainya akreditasi unggul sebagai bentuk pengakuan atas mutu pendidikan yang telah memenuhi standar nasional tertinggi dalam aspek pengajaran, penelitian, maupun Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

"Tujuan kami adalah menjadi pusat pendidikan teknik sipil yang terkemuka, berkualitas, dengan menghasilkan lulusan yang profesional dan menjadi pemimpin di bidangnya pada tahun 2050," katanya. 

Baca juga: Prodi Magister Manajemen Administrasi RS UPH raih akreditasi unggul

Sadvent menjelaskan akreditasi unggul juga merupakan bukti jika Prodi Teknik Sipil UPH telah memenuhi standar mutu pendidikan yang sangat tinggi. Hal ini mencakup kualitas kurikulum, tenaga pengajar, fasilitas, serta proses pendidikan yang diakui sebagai yang terbaik. Akreditasi ini juga berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan dunia industri terhadap lulusan Prodi Teknik Sipil UPH.

"Kami juga terus mendorong dosen dan mahasiswa untuk aktif dalam penelitian dan publikasi ilmiah. Kerja sama dengan industri dan institusi lain menjadi fokus utama kami, karena kolaborasi ini sangat penting untuk memperkuat keterhubungan antara teori dan praktik. Dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang kuat, kami yakin Prodi Teknik Sipil UPH mampu menciptakan lingkungan belajar yang berkelanjutan dan berkualitas," katanya.

Ia juga menuturkan lulusan dari program yang terakreditasi unggul akan lebih dihargai di pasar kerja karena kompetensi profesional dan kepemimpinan yang telah terbukti.

"Pencapaian ini juga menjadi langkah penting dalam mewujudkan visi UPH untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan," katanya.

Baca juga: Rayakan tiga dekade, UPH terbitkan buku orasi ilmiah 22 guru besar

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024