Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman mengatakan keprotokolan bukan hanya sekadar mengatur acara tetapi juga mencerminkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Maka itu pentingnya peran protokoler sebagai pengarah acara dan fasilitator pimpinan," kata Sekda Herman dalam acara seminar Keprotokolan di Ruang Al-Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu.

Kegiatan yang digelar oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah tersebut diikuti 350 peserta dari berbagai unit kerja perangkat daerah.

Sekda menambahkan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pegawai dalam bidang keprotokolan sehingga setiap instansi di lingkungan Pemkot Tangerang diharapkan mampu melaksanakan kegiatan keprotokolan secara mandiri.

Baca juga: Diskominfo Kota Tangerang gelar literasi statistik satu data

Ia juga menegaskan sikap, keterampilan, dan integritas merupakan kunci bagi seorang protokoler. Ia berharap peserta dapat memahami berbagai aspek keprotokolan, mulai dari penyambutan tamu hingga pengelolaan acara resmi.

"Ilmu keprotokolan itu seni yang bisa dipelajari. Setiap pegawai diharapkan dapat mempraktikkan ilmunya dalam tugas sehari-hari," katanya.

Oleh karena itu, Sekda mengajak seluruh peserta untuk aktif berdiskusi dan berbagi pengalaman, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan secara efektif.

"Dengan pelaksanaan seminar ini, diharapkan seluruh perangkat daerah di Pemkot Tangerang dapat meningkatkan profesionalisme dalam kegiatan keprotokolan dan tidak lagi bergantung pada tim protokoler dari Sekretariat Daerah," katanya.

Baca juga: DLH sebut Amdalnet mudahkan persetujuan lingkungan berbasis online

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024