Pasangan bakal calon kepala daerah Benyamin Davnie bersama Pilar Saga Ikhsan mengembalikan seluruh fasilitas dan aset negara sebagai persiapan cuti untuk mengikuti tahapan masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Saya bersama pak Pilar Saga akan menyerahkan semua fasilitas negara yang selam ini melekat kepada saya termasuk jabatan saya," kata Benyamin di Tangerang, Senin.

Benyamin bersama Pilar secara resmi akan cuti sebagai Wali Kota-Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Rabu (25/9), yang nantinya akan digantikan oleh pejabat sementara sebagai Walikota Tangsel dengan diputuskan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Jadi saya per tanggal 25 September 2024 sudah cuti di luar pemerintahan sampai tanggal 23 November 2024, ini sesuai Undang-undang berlaku," katanya menambahkan.

Ia mengungkapkan, langkah dan keputusan untuk mengambil cuti serta mengembalikan seluruh aset seperti diantaranya gajih, kendaraan beserta rumah dinas kepada negara. Merupakan sebagai bentuk komitmen dalam mentaati perundang-undangan yang berlaku.

"Kemudian juga daripada itu segala gaji pokok beserta tunjangan sudah kami tidak terima. Dan itikat kami untuk mematuhi laporan perundang-undangan terkait dengan hak dan kewajiban setiap kepala daerah," paparnya.

Baca juga: Benyamin cuti sebagai Walikota Tangsel untuk kampanye Pilkada 2024

Dalam kesempatan itu, Benyamin menyampaikan terima kasihnya karena seluruh aparatur sipil negara serta perangkat daerah yang selama ia menjabat turut serta mendukung dan menjalankan seluruh program-program strategisnya dengan baik.

"Kami menyampaikan kepada seluruh Bapak/Ibu rasa terimakasih atas segala dukungan yang luar biasa kepada saya dan pak Pilar untuk melaksanakan amanah besar di pemerintahan," ungkapnya.

Benyamin menambahkan, sebagai menjalankan roda pemerintahan di Kota Tangsel akan dipimpin oleh pejabat sementara (Pjs). Penunjukan sosok Pjs untuk Walikota nantinya akan ditunjuk oleh penjabat gubernur Banten.

"Selama saya tidak menjabat, akan digantikan oleh Pjs yang akan memimpin pemerintahan kota, dan saya berharap dengan kepemimpinannya dapat melanjutkan semua program strategis dengan baik," kata dia.

Baca juga: Petahana peserta Pilkada 2024 di Banten sudah ajukan cuti kampanye

Diketahui, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan diusung oleh Partai Golkar. Partai-partai politik koalisi pendukung petahana antara lain, PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, NasDem, PKB; PSI; PAN, PAN.

Kepemilikan jumlah kursi parlemen lokal yang mengusung maupun dukung Benyamin-Pilar sebanyak 41 kursi di DPRD Kota Tangsel. Adapun partai politik pendukung pasangan bakal calon petahana yaitu, Hanura; Buruh; Gelora, Perindo, PKN, PBB, dan Partai Ummat.

Pilkada 2024 di Kota Tangsel ini petahana melawan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Ruhamaben-Shinta Wahyuni Chaeruddin. Pasangan tersebut diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera secara tunggal. Partai berlambang Bulan Sabit mengapit Padi itu punya total jumlah 9 kursi di DPRD Kota Tangsel.

Baca juga: KPU Banten tetapkan DPT Pilkada 2024 sebanyak 8.926.662 jiwa

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024