Sebanyak 700 personel gabungan dari TNI/Polri dan Satpol-PP diterjunkan untuk mengamankan tahapan masa pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tangerang peserta Pilkada serentak 2024.

Kabag Ops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih di Tangerang, Minggu menyampaikan bahwa dalam pengawalan tahapan Pilkada kali ini pihaknya akan fokus pada pengamanan di sekitaran Kantor KPU Kabupaten Tangerang tepatnya di Jalan KH Syekh Nawawi, Desa Mata Gara, Kecamatan Tigaraksa.

"Untuk jumlah personel keseluruhan sekitar 700 orang kita kerahkan untuk pengamanan pengundian nomor urut pada Senin (23/9) besok," katanya.

Ia menyebutkan dari jumlah sebanyak 700 personel gabungan itu terdiri dari 500 personel dari Kepolisian dan TNI, Satpol-PP serta Dinas Perhubungan sebanyak 200 personel.

Baca juga: Tiga pasangan calon maju pada Pilkada Kabupaten Tangerang 2024

Adapun ratusan petugas pengamanan itu, kata dia, nantinya ditugaskan melakukan pengawalan terhadap massa pendukung masing-masing pasangan calon, baik dari titik kumpul hingga pengantaran sampai ke kantor KPU Kabupaten Tangerang.

"Pengamanan mulai dari titik kumpul hingga sampai ke lokasi dan sampai kembali ke tempat masing-masing para pendukung paslon pilkada," ujarnya.

Selain itu, kata Kosasih, pihaknya juga akan menyebarkan sejumlah personel gabungan di beberapa titik khusus agar steril dari segala kegiatan massa pendukung.

"Dan istilahnya yang hanya dapat memasuki lingkup atau tempat pengundian hanya 50 orang perwakilan dari masing-masing paslon," tuturnya.

Baca juga: Kabupaten Tangerang jadi daerah pemilih Pilkada terbanyak ketiga di Indonesia

Untuk memastikan keamanan serta kelancaran pada tahapan pengundian peserta Pilkada 2024 di wilayahnya itu, Polresta Tangerang bakal menerapkan rekayasa lalu lintas hingga penutupan jalan di lokasi pengundian nomor urut paslon tersebut.

"Nanti kita adakan rekayasa lalulintas dan penutupan jalan di depan KPU. Jadi kita akan terapkan contra flow," paparnya.

Kosasih juga mengimbau massa pendukung dan simpatisan paslon agar mengedepankan keamanan dan ketertiban demi kelancaran acara tersebut.

"Kita juga mengimbau para pendukung dilarang membawa senjata tajam ataupun benda berbahaya pada saat pelaksanaan pengundian nomor urut paslon," kata dia.

Dia menyampaikan KPU Kabupaten Tangerang akan melaksanakan rangkaian pengundian nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang pada Senin (23/9) malam pukul 19.00 WIB.

Baca juga: KPU Tangerang sebut tiga paslon penuhi syarat administrasi Pilkada 2024

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Tangerang, Sandi Akbar Kelana mengatakan pengundian nomor urut itu dilakukan di halaman Kantor KPU Kabupaten Tangerang secara terbuka.

"Tahapan selanjutnya, pengundian nomor urut. yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2024," ungkapnya.

Pihaknya secara resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati di daerah itu maju pada Pilkada 2024, masing-masing pasangan Moch Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah, pasangan Mad Romli-Irvansyah, dan pasangan Zulkarnain-Lerru dari jalur independen dinyatakan menjadi Cabup-Cawabup Kabupaten Tangerang untuk Pilkada serentak.

"Hasil pleno pada tanggal 22 September 2024, pukul 10.00 WIB. Semua paslon ditetapkan dan bisa mengikuti kontestasi pada Pilkada di Kabupaten Tangerang," katanya.

Sandi mengungkapkan, ketiga paslon ini dinyatakan dapat mengikuti Pilkada setelah berkas administrasi atau persyaratan pendaftaran memenuhi syarat.

"Mulai hari ini, sah para paslon dari masing-masing partai ataupun independen ditetapkan sebagai calon karena persyaratan administrasi memenuhi syarat," kata dia.

Baca juga: Airin-Ade dan Andra Soni-Dimyati ditetapkan jadi peserta Pilgub Banten
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024