Pemerintah Provinsi Banten mempersiapkan sejumlah bentuk apresiasi untuk prestasi yang telah diraih kontingen yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut.

“Kita sudah formulasikan lewat Dinas Pemuda dan Olahraga, nanti sedang kita siapkan teknisnya, dan juga kita pada dasarnya juga KONI. Sebagian besar kan KONI Provinsi, pembiayaan kegiatannya melalui hibah Provinsi,” ujar Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar di Serang, Sabtu.

Al Muktabar mengatakan pihaknya berikhtiar dengan terus memberikan dukungan kepada para atlet Kontingen Banten baik dari pembinaan, juga pemberian penghargaan atas prestasi mereka.
 
Pembinaan tersebut secara intensif dilakukan oleh kelembagaan, sesuai dengan mandatori dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Banten, ujar dia.

“Kita juga masih ada instrumen melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, untuk juga beberapa hal yang terkait secara spesifik, merupakan tugas dan tanggung jawab, atau tupoksi dari Dinas Pemuda dan Olahraga,” ujar Al Muktabar.

Baca juga: Klasemen akhir PON 2024: Jabar hattick juara, Banten posisi 11

Al Muktabar juga mengucapkan selamat kepada para atlet, pelatih, ofisial, dan doa masyarakat sehingga dapat membanggakan Banten.

“Aceh dan Medan telah membuat kita bisa dilihat secara baik di nasionalnya, dan mudah-mudahan dengan itu pencapaian berikutnya akan makin baik lagi,” kata dia.
 
Ia mengharapkan para atlet tidak hanya sukses di PON, namun juga berpeluang luas menjadi atlet-atlet yang berkelas internasional.
 
Berdasarkan perolehan medali dipantau dari laman web resmi PON 2024 hari ini, kontingen Provinsi Banten berhasil menyabet 21 medali emas 24 perak dan 33 perunggu, yang menjadikannya dalam 11 jajaran peringkat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Namun, Pemerintah Provinsi Banten mengklaim berada peringkat 10, dengan perolehan 22 medali emas, usai melakukan protes atas dianulirnya satu medali emas yang diperoleh atlet binaraga.

Protes itu secara resmi diterima melalui Surat Panitia Besar PON XXI tahun 2024 Nomor 1493/sekr-PB. PON XXI/IX/2024 tentang Pengembalian medali emas binaraga atas nama T. Rahmat Widjaya.

Baca juga: PON 2024 ruang refleksi menuju PON 2028 Nusa Tenggara

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024