Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Banten menyebutkan sertifikat warisan budaya tak benda (WBTB) Gotong Toapekong akan dikeluarkan oleh pemerintah pusat pada Oktober 2024.

"Insya Allah sertifikat WBTB Gotong Toapekong akan dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat bulan depan," kata Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang, Sabtu.

Rizal mengatakan Gotong Toapekong akan kembali dilaksanakan pada 2036 karena digelar setiap 12 tahun sekali. Sementara penetapan sebagai warisan budaya tak benda telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI pada 22 Agustus 2024.

"WBTB Gotong Toapekong juga menjadi daya tarik wisata karena hampir 75 ribu masyarakat melihat acara hari ini," kata Rizal.

Baca juga: Ribuan orang hadiri 12 tahunan Gotong Toapekong di Kota Tangerang

Ritual Gotong Toapekong merupakan kegiatan mengarak patung Dewi Kwan Im Hud Couw dan patung dewa-dewi lainnya dalam kepercayaan warga keturunan Tionghoa yang digelar di sepanjang ruas jalan Kawasan Kisamaun Pasar Lama Kota Tangerang oleh Perkumpulan Klenteng Boen Tek Bio.

Pemkot Tangerang juga secara bertahap akan terus menggali berbagai budaya ataupun situs sejarah. Pemkot Tangerang juga terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat apa saja yang dapat diajukan menjadi WBTB ataupun cagar budaya.

"Jika masyarakat memiliki informasi atau masukan kami sangat terbuka menerimanya, karena ini adalah usaha kita bersama melestarikan budaya Kota Tangerang. Secara bertahap, kita upayakan budaya-budaya ini menjadi daya tarik wisata," lanjutnya.

Ia berharap masyarakat Kota Tangerang dapat menjaga dan melestarikan berbagai budaya dan situs sejarah, sehingga dapat dinikmati dan diteruskan oleh generasi selanjutnya.

"Apa yang ada di Kota Tangerang adalah milik masyarakat. Saya berharap seluruh aktivitas budaya, situs atau cagar budaya menjadi kekayaan budaya di Kota Tangerang. Maka, harus kita jaga dan terus disampaikan kepada generasi muda selanjutnya agar menjadi kebanggaan dan dapat terus lestari," katanya.

Baca juga: Parade Gotong Toapekong libatkan 1.200 orang bawa Liong

Baca juga: Wamenag Saiful apresiasi masyarakat jaga toleransi dalam bingkai adat budaya

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024