Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon menyerahkan bantuan sosial beasiswa kepada 1.674 peserta didik kurang mampu dari jenjang SD, MI, SKh, MDTA, SMP dan MTS swasta di Kota Cilegon. 

Ditemui usai kegiatan penyerahan bantuan, pada Rabu (18/9), di Masjid Al-Muthowir, Kecamatan Purwakarta, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bantuan ini ditujukan untuk membantu meringankan pembayaran uang SPP bulanan sekolah anak kurang mampu di sekolah-sekolah swasta di Kota Cilegon yang disalurkan satu kali dalam setahun.

Bantuan sosial beasiswa bagi peserta didik kurang mampu ini diserahkan berupa uang tunai yang disalurkan satu kali dalam setahun.

"Ini komitmen kami dalam mendukung program wajib belajar 12 tahun. Kami juga sudah menambah sekolah negeri di Cilegon total sekarang ada 15 SMP Negeri dan bantuan beasiswa bagi anak sekolah dari keluarga miskin yang sekolah di sekolah-sekolah swasta," kata Helldy.

Baca juga: Selamatkan aset kota, Wali Kota beri penghargaan Kejari Cilegon

Adapun besarannya, masing-masing untuk siswa SD dan Madrasah Ibtidaiyah diberikan bantuan beasiswa sebesar Rp720 ribu rupiah dan siswa MDTA sebesar Rp 600 ribu rupiah per tahunnya.

Sedangkan untuk siswa di jenjang pendidikan SMP dan MTS masing-masing diberikan bantuan sebesar Rp1.080.000 per tahunnya.

"Selama tiga tahun ini sudah kami berikan bantuan berupa uang SPP. Jadi uang SPP selama satu tahun pemerintah kota Cilegon yang bayarin," kata Helldy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan bantuan ini diperuntukkan khusus bagi peserta didik dari keluarga miskin. Dengan alokasi dana bantuan di tahun ini mencapai lebih dari Rp1,4 miliar.

"Anak-anak peserta didik di sekolah swasta bukan negeri loh, sekolah swasta baik itu SD, MI, MTS atau SMP ada juga dari Skh kebutuhan khusus. jadi ini khusus bagi anak yang tidak mampu yang sekolah di swasta baik di bawah koordinasi Dindik ataupun Kemenag," kata Heni.

Dari sebanyak 1.674 peserta didik yang menerima bantuan ini sebanyak 804 peserta berasal dari SD, MI dan MDTA. Sedangkan 870 lainnya dari jenjang SMP dan MTS. Sebelumnya para peserta didaftarkan melalui E-Hibah Bansos oleh masing-masing sekolah nya dan telah lolos verifikasi Dindikbud Kota Cilegon.

Baca juga: TPSA Bagendung Cilegon Banten kembali terbakar
 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024