Serang (Antara News Banten) - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP di Provinsi Banten selama tiga hari pelaksanan masih berjalan lancar dan tidak ada kendala-kendala yang menganggu jalannya pelaksanaan UNBK tersebut.
    
''Sampai  hari ke tiga ini dalam pelaksanaan UNBK SMP di  Banten tidak ada kendala. Kalaupun ada kendala, katanya itu di pusat, tapi tidak mengganggu pelaksanaan di Banten," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Engkos Kosasih Samanhudi di Serang, Rabu.
     
Ia mengatakan, pihaknya memang menerima laporan dari kabupaten/kota di  Banten bahwa pada hari pertama UNBK SMP ada kendala  di pusatnya, terkait dengan server. Namun demikian, kendala tersebut bisa segera diatasi dan tidak mengganggu pelaksanaan UNBK di  Banten.
     
Namun demikian, kata dia, pelaksanaan UNBK SMP di Banten baru sekitar 60 persen, karena 40 persennya masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Kendala yang dihadapi belum semuanya melaksanakan UNBK tersebut karena keterbatasan saran dan prasana yang dimiliki sekolah.
     
Menurutnya, Dinas Pendidikan Provinsi Banten mendorong semua sekolah menengah pertama di Banten sudah menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 2019.
       '
'UNBK di Banten masih 60 persen, sisanya masih menggunakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Tahun depan kami dorong semuanya menggunakan komputer," kata  Engkos Kosasih.
     
Ia mengatakan, daerah yang bisa melaksanakan UNBK 100 persen baru di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Sedangkan daerah yang belum banyak melaksanakan UNBK yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon.
      
Menurutnya, masih banyaknya sekolah yang belum melaksanakan UNBK di daerah tersebut karena kurangnya sarana dan prasarana, seperti kurangnya gedung, komputer dan juga sumber daya manusianya.
      
"Kami juga akan membantu dinas pendidikan kabupaten/kota untuk mempersiapkan sarana dan prasarana serta sumber daya manusianya, untuk mendukung program pemerintah pusat yaitu UNBK," kata Engkos.  

Baca juga: Banten Targetkan Semua SMP UNBK Pada 2019

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018