Tangerang Selatan (Antara News Banten) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel melaksanakan seleksi terhadap 33 peserta Gita Bahana Nusantara (GBN) untuk diikutsertakan dalam tingkat Nasional menjelang Peringatan HUT RI ke-73 pada Agustus mendatang.

"Tentunya dengan seleksi ini kami berharap agar ada utusan Tangsel yang bisa ikut berpartisipasi dalam upacara bendera pusaka di Istana, Agustus nanti," ujar Kepala Dindikbud Kota Tangsel Taryono saat dimintai keterangan, Senin.

Sebelumnya kegiatan seleksi ini dikerjakan oleh Dinas Pariwisata. Namun untuk tahun 2018, dialihkan ke Dindikbud. Sebab, peserta seleksi merupakan masyarakat yang berada di dalam usia belajar atau sekolah.

"Ini merupakan kegiatan audisi GBN yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai seleksi tingkat Kota. Untuk dikirim ke tingkat Provinsi. Lalu di tingkat provinsi diseleksi lagi untuk dikirim ke tingkat nasional," ujar Taryono.

Dia menambahkan usai diseleksi seluruh peserta yang lolos akan dikarantina untuk diberi bimbingan selama dua hari pada tanggal 24-25 April mendatang. Kemudian di tanggal 26 April akan mengikuti seleksi di tingkat provinsi.

"Ada 33 peserta yang mendaftar. Dan hanya empat orang saja yang akan lolos dalam tahap selanjutnya. Nanti empat peserta ini akan kami bina agar lebih matang ketika mengikuti seleksi di tingkat provinsi," kata dia.

Taryono berharap akan ada perwakilan Tangsel yang lolos dalam seleksi tingkat provinsi nantinya. Sehingga akan mengharumkan nama Tangsel di tingkat nasional.

Sementara di tempat yang sama, seorang peserta yang berasal dari UIN Syarief Hidayatullah, Ahmad Yani mengatakan jika ajang ini lebih baik daripada tahun sebelumnya. Apalagi ini merupakan tahun ketiganya mengikuti perlombaan GBN tingkat Kota.

"Bagus, pesertanya juga lebih banyak. Sebelumnya saya ikut dan lolos, namun gagal di tingkat provinsi. Makanya sekarang ikut lagi. Yah dengan pengalaman sebelumnya saya optimis bisa lolos dan mewakili Tangsel di tingkat yang lebih tinggi," ujarnya.

Baca juga: Paskibra Kabupaten Serang Intensifkan Latihan

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018