Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menyebut bahwa tidak ada calon independen pasangan gubernur yang mengajukan diri sejak pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dibuka.
 
“Kebetulan di Provinsi Banten ini, sejak tahapan perseorangan dibuka, di Provinsi Banten ini tidak ada yang mendaftar,” ujar Ketua KPU Banten Mohamad Ihsan di Serang, Kamis.

Ihsan mengatakan pencalonan lewat jalur independen sudah pasti melewati proses yang panjang. Namun hingga kini, hal tersebut tidak ada.
 
Selain itu, ia mengatakan seluruh partai politik di Banten sudah menyatakan dukungannya kepada masing-masing pasangan calon kepala daerah yang diusung.

Baca juga: Airin-Ade Sumardi resmi daftar Pilkada Banten 2024
 
Untuk KPU Provinsi Banten, pihaknya sudah menerima dua bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.
 
Sementara untuk wilayah kabupaten/kota lainnya, KPU Banten masih dalam tahap rekapitulasi jumlah peserta pilkada tahun ini.

KPU Banten juga masih melayani pendaftaran bakal pasangan calon hingga pukul 23.59 WIB.
 
“Berkaitan dengan progres pendaftaran di kabupaten/kota, kami masih melakukan rekapitulasi terkait dengan jumlah pendaftar bakal calon bupati dan juga wali kota,” ujar Ihsan.
 
Usai melakukan tahapan verifikasi administrasi, KPU Banten akan mengumumkan pasangan calon peserta pilkada, diikuti pengundian nomor urut dan penetapan pasangan calon.

Baca juga: KPU Banten terima pendaftaran Andra Soni-Dimyati untuk Pilkada 2024

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024