Sebagai wujud nyata komitmen dalam melestarikan budaya lokal Banten, Citra Swarna Group (CSG), pengembang properti terkemuka yang menjalankan proyek real estate di Banten dan Jawa Barat, akan membangun sebuah Balai Budaya bangsa di kawasan hunian terintegrasi Citra Swarna Tembong City, Kota Serang. 

Pembangunan fasilitas ini tidak hanya menjadi bukti kepedulian CSG terhadap warisan budaya, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan daya tarik masyarakat untuk memiliki hunian di perumahan yang berkonsep "Hunian Alam Nuansa Resort" dengan luas lahan 220 hektar. 

Komisaris CSG, Agus Roesli, mengungkapkan bahwa Balai Budaya ini akan dibangun di atas lahan seluas sekitar 2.860 m² dengan luas bangunan mencapai 1.200 m². Dengan hak jalan (ROW) selebar 22 m, Balai Budaya ini dirancang untuk menjadi pusat kegiatan kebudayaan di Kota Serang. 

"Balai Budaya ini akan menjadi tempat penyelenggaraan berbagai aktivitas budaya, seperti pentas seni tradisional Banten, yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat," ujar Agus. 

Baca juga: Perumahan MGK luncurkan klaster bagi masyarakat berpenghasilan rendah

Kehadiran Balai Budaya di Kota Serang, yang dikenal sebagai Kota Madani dengan masyarakat yang modern, multikultural, dan religius, sejalan dengan upaya CSG untuk mendukung Pemerintah Kota Serang dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya nasional di wilayah Banten. 

"CSG mendukung penuh langkah Pemerintah Kota Serang dalam menjaga identitas budaya lokal. Kami ingin memastikan bahwa budaya Banten terus berkembang dan dikenal luas," tambahnya. 

Balai Budaya ini diharapkan menjadi pusat perhatian bagi ekspresi artistik, inisiatif pendidikan, dan keterlibatan komunitas. Dengan adanya fasilitas ini, berbagai pengalaman budaya akan bertemu dan berkembang, menjadikan Balai Budaya sebagai pusat kegiatan seni dan budaya yang dinamis di Kota Serang. 

"Balai Budaya ini tidak hanya memberikan ruang bagi seniman dan praktisi budaya untuk menampilkan bakat mereka, tetapi juga berfungsi sebagai dukungan terhadap kesenian budaya Banten. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Kota Serang, dan berharap Balai Budaya ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat serta menjadi salah satu pusat pariwisata unggulan di Kota Serang," tutup Agus Roesli. 

Pembangunan Balai Budaya oleh CSG di kawasan Citra Swarna Tembong City ini diharapkan dapat menjadi katalisator dalam pengembangan pariwisata budaya di Kota Serang, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal di tengah masyarakat modern.

Baca juga: MAS Group gandeng developer Jepang bangun hunian di Tangerang Utara

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024