Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Banten, realisasi pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) pada 2025 dalam pelaksanaan program Local Service Delivery Improvement Program (LSDP) kerja sama Kementerian Dalam Negeri dan Bank Dunia.
 
"Kami berharap dengan TPST itu dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan ekonomi masyarakat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak Iwan Sutikno, di Rangkasbitung, Lebak, Sabtu (24/8).
 
Pembangunan infrastruktur TPST pada pelaksanaan program LSDP itu dibiayai dana hibah Bank Dunia (World Bank) di enam kota dan kabupaten di Indonesia, termasuk Kabupaten Lebak.
 
Realisasi pembangunan TPST pada 2025 dan berharap berjalan lancar dengan manajemen pengelolaan sampah yang baik dan melibatkan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: DLH Tangerang diinstruksikan optimalkan TPST olah sampah masyarakat
 
Pembangunan TPST ini dengan sistem Refuse Derived Fuel (RDF) dan diolah sampah menjadi produk bahan bakar untuk pabrik semen, juga budi daya magot, serta pembuatan paving blok dan genteng.
 
Produk budi daya magot nanti bisa bekerja sama dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bidang perikanan sebagai bahan pakan ikan tawar.
 
Begitu juga pengelolaan sampah dapat diproduksi paving blok dan genteng dan bisa memenuhi permintaan toko material bangunan rumah dan jalan.
 
"Semua produk sampah itu nantinya melibatkan masyarakat dan bisa meningkatkan PAD," katanya menjelaskan.

Baca juga: Pemkab Serang resmikan penggunaan alat pengolah sampah terpadu
 
Menurut dia, pembangunan TPST itu menampung 100 ton per hari di Tempat Pembuangan Akhir ( TPA) Dengung seluas 2 hektare.
 
Pengelolaan sampah Proyek LSDP atau proyek peningkatan penyediaan layanan lokal bertujuan meningkatkan PAD dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
 
Pemerintah daerah bisa saja pengelolaan sampah itu dikelola oleh pihak ketiga sehingga dapat menyerap lapangan pekerjaan masyarakat.
 
Selain itu, juga hasil produksi pengelolaan sampah bisa mendongkrak peningkatan PAD.
 
"Kami yakin pembangunan TPST dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan PAD," katanya pula.

Baca juga: KLHK dorong perusahaan bangun TPS terpadu

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024