Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang membuka layanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) baru bagi pelaku usaha dengan hanya membawa KTP dan kelengkapan data usaha.

"Hanya butuh KTP dan kelengkapan data usahanya, NIB langsung dapat dicetak secara gratis langsung jadi, tanpa pungutan biaya," kata Sekretaris DPMPTSP Kota Tangerang Achmad Zuldin di Tangerang Jumat.

Zuldin mengatakan, layanan ini bagian dari program digital yang disajikan DPMPTSP Kota Tangerang selama Tangerang Digital Festival Vol.2 di Alun-Alun Kota Tangerang berlangsung.

"Ini bagian dari konsep smart city yang diusung DPMPTSP dengan menghadirkan kemudahan perizinan online," kata dia.

Baca juga: DPMPTSP Kota Tangerang terbitkan 152 NIB selama program kemerdekaan

Selain itu, DMPTSP juga membuka layanan konsultasi PBG, konsultasi izin reklame, serta sosialisasi perizinan online www.perizinanonline.tangerangkota.go.id.

Dalam website ini, lanjut Zuldin, masyarakat dapat menjangkau banyak layanan perizinan yang dibutuhkan dan bisa diakses dengan mudah.

Ia pun berharap, dengan stand perizinan online atau berbasis digital ini dapat mengedukasi seluruh pengunjung Tangerang Digital Festival Vol.2 ini.

Baca juga: Hari ini, DPMPTSP buka layanan pembuatan NIB gratis di dua kecamatan

"Ini bisa memberikan pemahaman bahwa layanan perizinan di Kota Tangerang sudah full digital. Dengan begitu, layanan perizinan di Kota Tangerang dapat dijangkau dengan mudah dan cepat," kata dia.

Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Sugihharto Achmad Bagdja menambahkan sejak Agustus 2021 hingga Agustus 2024, DPMPTSP Kota Tangerang telah menerbitkan sebanyak 71.196 NIB.

"Dengan kepemilikan NIB bisa menjadikan UMKM keren jasa. Sederet manfaatnya ialah mempermudah akses Kredit Usaha Rakyat (KUR), mempermudah akses pelatihan, memperoleh legalitas usaha, tepat sasaran dalam memperoleh program pemerintah," ujarnya.

Baca juga: DPMPTSP Kota Tangerang gelar pembuatan NIB gratis bagi pelaku usaha

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024