Pemerintah Kota Tangerang, Banten menyerahkan buku laporan uji coba program makan bergizi gratis (MBG) kepada Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) untuk menjadi bahan evaluasi dan rujukan jika ada daerah yang ingin melaksanakan hal serupa.

"Ini adalah bentuk dokumentasi kegiatan uji coba MBG di Kota Tangerang yang telah kita terjemahkan menjadi buku sehingga bisa menjadi bahan rujukan terkait pengalaman-pengalaman kita di dalam melaksanakan uji coba MBG di Kota Tangerang," kata Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin dalam keterangan di Tangerang Rabu.

Ia mengatakan buku laporan diserahkan langsung oleh Penjabat Wali Kota Nurdin dengan diterima Ketua Tim 5 Dewan Pertimbangan Presiden Taviota Bay di Hotel Royal Krakatau Cilegon, Selasa (20/8) malam.

Baca juga: Pemkot Tangerang lakukan evaluasi jenis menu makan bergizi gratis

Ia mengatakan Kota Tangerang dinilai sukses menjalankan uji coba program MBG pada 1 Agustus dan 5-9 Agustus 2024 dengan menyasar 30.680 siswa tersebar di 34 sekolah di daerah itu.

Ia menjelaskan buku laporan ini sebagai bentuk dokumentasi sekaligus sosialisasi kesuksesan pemkot sebagai model pelaksanaan uji coba MBG dengan judul "Pilot Project Makan Bergizi Gratis Kota Tangerang".

"Dan sebagai pedoman tentunya buku ini selain terbuka bagi yang membutuhkan tentunya juga dapat menjadi bahan masukan sebagai monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan MBG ke depannya. Dan tentunya kita juga akan terus menjalin komunikasi dan berkonsultasi dengan Tim 5 dan Wantimpres agar ke depannya pelaksanaan MBG dapat semakin baik," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang latih guru jadi pengawas program makan bergizi gratis

Ketua Tim 5 Dewan Pertimbangan Presiden Taviota Bay menyatakan terbantu dengan upaya pemkot dalam mendukung sukses pelaksanaan MBG di Kota Tangerang yang dituangkan dalam buku tersebut.

"Apa yang disiapkan dan dibuat oleh Pak Pj bersama pemkot ini tentunya kita sangat berterima kasih karena dalam konsep untuk melakukan mitigasi dalam uji coba ini masih berjalan dan buku ini merupakan salah satu konsep yang dapat kita tambahkan sebagai upaya-upaya mitigasi tersebut. Dan tentunya ini juga dapat menjadi bahan masukan untuk Bapak Presiden dan Wakil Presiden terpilih nanti," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi pelaksanaan uji coba MBG di Kota Tangerang. Apalagi kesuksesan uji coba MBG tersebut saat ini dilanjutkan dengan mewujudkan kebiasaan MBG selama tiga bulan ke depan dengan menyasar 60 sekolah se-Kota Tangerang.

"Kita bisa menyebut bahwa keberhasilan tersebut hampir 90 persen dengan beberapa evaluasi dan masukan yang telah kita terima dan kini setelah dilanjutkan dengan pembiasaan yang dilakukan oleh pemkot dan Bapak Pj ini sangatlah baik. Diharapkan akan dapat semakin baik dalam pelaksanaannya dan kita dari Tim 5 nanti juga akan melakukan evaluasi juga terkait pembiasaan yang sudah dijalankan di Kota Tangerang tiga bulan ke depan ini," katanya.

Baca juga: Dindik Kota Tangerang tindak tegas penyedia makanan bermasalah program MBG

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024