Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyiapkan pelatihan bagi guru dan orang tua sebagai pengawas terkait program Makan Bergizi Gratis (MBG) untuk memastikan makanan yang disajikan sesuai dengan tata kelola yang telah ditetapkan.

"Tujuannya agar kualitas makanan, ketepatan, kesesuaian pesanan makanan dan hal-hal teknis yang kami temukan itu bisa menjadi bahan evaluasi, agar saat nanti pelaksanaannya tidak ada lagi yang kurang," kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin saat memantau pembiasaan program MBG minggu kedua, yang berlangsung di SMPN 23 Kota Tangerang, Pinang, Senin.

Ia menjelaskan, formulir pelatihan sedang dipersiapkan dan tim yang akan melaksanakan pelatihan juga sedang dalam proses pelatihan.

"Salah satu yang ingin kami lakukan atau tingkatkan berdasarkan hasil evaluasi pada minggu lalu, yaitu penguatan proses pengawasan di dalam proses penyajian sampai dengan pengantaran dan distribusi ke sekolah-sekolah," ungkapnya.

Baca juga: Orang tua diusulkan terlibat pantau penyediaan menu makan siswa

Ia mengatakan, evaluasi terhadap pelaksanaan proses pembiasaan makan bergizi gratis mulai dari soal menu, cara penyajian dan juga tata kelola pelaksanaan terus dilakukan.

"Hari ini, saya kembali meninjau proses pembiasan MBG. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan makanan yang disajikan sesuai dengan tata kelola yang telah ditetapkan, serta untuk mengevaluasi kualitas penyajian MBG," ujar dia

Adapun menu makanan yang disajikan pada hari Senin (19/8), mencakup nasi putih, ayam rica, sayur cah tahu atau telur puyuh, serta buah pepaya.

Kepala Sekolah SMPN 23 Kota Tangerang Adien Alvian menambahkan, pada menu kali ini berisi ayam fillet saus tiram, sayur capcay, dan juga buah pepaya. Tak hanya itu, sebelum makan anak-anak juga mengonsumsi susu.

"Alhamdulillah mereka semua suka dengan menu yang disediakan. Mudah-mudahan, anak-anak dapat pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran dan pembiasaan makan sehat di rumah mau pun di sekolah," katanya.

Baca juga: Pelaku UMKM Kota Tangerang dapat manfaat dari program makan gratis

Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih sebagai lokus untuk proyek percontohan uji coba program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Pada 1 Agustus 2024, Pemkot Tangerang bersama JW Movement menggelar simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional program MBG di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa.

Lalu dilanjutkan uji coba pada tanggal 5 - 9 Agustus 2024 di 34 Sekolah dengan sasaran 27.555 siswa. Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka telah melakukan pemantauan secara langsung pada tanggal 5 Agustus 2024 dan mengapresiasi kesiapan Pemkot Tangerang dalam menerapkan program makan bergizi gratis.

Kini, Pemerintah Kota Tangerang Banten mulai melaksanakan pembiasaan makan bergizi gratis (MBG) selama tiga bulan di 60 sekolah mulai 12 Agustus 2024 dengan penerapan satu hari satu sekolah.

Baca juga: Pengusaha makanan dilatih siapkan menu makan sesuai standar gizi nasional

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024