Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten mengusulkan agar orang tua dilibatkan dalam pemantauan penyediaan menu makan anak di program makan bergizi gratis (MBG).

"Ini usulan dari Dinas Kesehatan yang ingin memastikan tempat masak harus tetap steril dan higienis untuk menjaga kualitas makanan yang disajikan kepada anak-anak," kata Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin dalam evaluasi penerapan pembiasaan makan bergizi gratis di kantor Wali Kota bersama kepala dinas, Jumat.

Ia mengatakan hal ini dilakukan untuk memastikan keberhasilan program makan bergizi gratis (MBG) yang merupakan inisiatif Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Ia juga menyampaikan, secara umum program MBG telah berjalan dengan baik dan lancar. Namun, guna meningkatkan kualitas pelaksanaan, ada beberapa rekomendasi perbaikan.

"Alhamdulillah, sejauh ini program MBG berjalan lancar, bagus. Namun, ada beberapa yang perlu kita tambahkan berdasarkan masukan-masukan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan perangkat daerah terkait," kata dia.'

Baca juga: Pengusaha makanan dilatih siapkan menu makan sesuai standar gizi nasional

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dini Anggraini menyampaikan evaluasi ini akan terus dilakukan bersama para kepala sekolah dan pihak penyedia makanan. Evaluasi ini meliputi porsi makanan, menu makanan, dan aspek teknis lainnya.

"Kami akan terus melakukan pemantauan terkait program MBG ini, termasuk dalam penyiapan peralatan pendukung, seperti CCTV, Alat Pelindung Diri (APD) dan serta dapur masak yang bersih," kata dia.

Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih sebagai lokus untuk proyek percontohan uji coba Program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Pada tanggal 1 Agustus 2024, Pemkot Tangerang bersama JW Movement menggelar simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional Program MBG di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa.

Lalu dilanjutkan uji coba pada tanggal 5 - 9 Agustus 2024 di 34 Sekolah dengan sasaran 27.555 siswa. Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka telah melakukan pemantauan secara langsung pada tanggal 5 Agustus 2024 dan mengapresiasi kesiapan Pemkot Tangerang dalam menerapkan program makan bergizi gratis.

Kini, Pemerintah Kota Tangerang Banten mulai melaksanakan pembiasaan makan bergizi gratis (MBG) selama tiga bulan di 60 sekolah mulai tanggal 12 Agustus 2024 dengan penerapan satu hari satu sekolah.

Baca juga: Pelaku UMKM Kota Tangerang dapat manfaat dari program makan gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024