Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Dodot Adikoeswanto pimpin Upacara Peringatan HUT Kemenkumham “Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024” yang digelar di Lapangan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon, Banten, Senin.

Mengusung tema “Kemenkumham Mengabdi untuk Negeri, Menuju Indonesia Emas 2045", Upacara diikuti seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Banten, Perwakilan Instansi/Lembaga/Forkopimda Wilayah Provinsi Banten serta mitra kerja Kanwil Kemenkumham Banten.

Bacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dodot Adikoeswanto menyebut bahwa sejak berdirinya,Kemenkumham telah berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia. 

“Usia yang telah menginjak 79 tahun ini bukanlah suatu angka yang biasa, melainkan sebuah penanda perjalanan yang sarat dengan berbagai tantangan dan pencapaian yang membanggakan," kata Dodot dalam keterangan resminya.

Baca juga: Hari Pengayoman, Kemenkumham Banten fokus tingkatkan kesadaran hukum masyarakat

Dalam perjalanan itu, kata Dodot, tantangan yang dihadapi Kemenkumham sangatlah kompleks, mulai dari isu-isu terkait reformasi birokrasi, pelayanan publik, penegakan hukum, hingga penanganan kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia. 

“Namun, kami percaya bahwa dengan semangat kolaborasi dan inovasi, kita dapat mengatasi semua tantangan tersebut. Kita harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung upaya penegakan hukum dan pelayanan publik yang lebih baik," ujarnya.

Di momen HUT Kemenkumham ke-79 ini, Dodot mengajak seluruh jajaran Kemenkumham Banten untuk melevel-up semangat kerja dan kontribusi nyata, karena seluruh jajaran Kemenkumham adalah bagian dari sejarah besar bangsa ini. 

“Cita-cita Indonesia Emas 2045 adalah tugas dan tanggung jawab seluruh pihak, tanpa terkecuali. Oleh karena itu, Kemenkumham harus hadir sebagai institusi yang tidak hanya berfungsi untuk menegakkan hukum tetapi juga sebagai jembatan untuk menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia," terangnya.

Baca juga: HUT, Kemenkumham Banten serahkan penghargaan pada mitra kerja

Ia menekankan bahwa, puncak keberhasilan Kemenkumham bukan hanya terukur dari prestasi yang telah diraih, tetapi dari seberapa besar dampak positif dan kemanfaatan yang diberikan kepada masyarakat. Setiap langkah kecil, harus menuju satu arah yang sama, yaitu untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Dodot mengajak seluruh jajaran Kemenkumham Banten, serta seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menggelorakan semangat pengabdian ini. 

“Kita harus memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. Mari kita bahu-membahu, bersinergi dalam kerja nyata demi terciptanya sistem hukum yang berkeadilan, serta perlindungan hak asasi manusia yang optimal," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Dodot Adikoeswanto berkesempatan untuk memberikan Piagam Penghargaan kepada mitra kerja atas sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan tusi Kemenkumham Banten, juga jajaran Kemenkumham Banten yang memiliki prestasi atas kinerja yang dilakukan.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Banten beri remisi 6.284 narapidana di HUT RI

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024