Jajaran Polres Cilegon menggelar perayaan HUT ke-79 RI di lingkungan Kampung Pemulung, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Sabtu.

Kampung Pemulung yang dihuni sedikitnya 400 kepala keluarga ini dipilih Polres Cilegon sebagai lokasi pelaksanaan perlombaan rakyat HUT ke-79 RI mengingat lokasi ini belum pernah dilaksanakan peringatan kemerdekaan semeriah ini. 

Wakapolda Banten Brigjen Pol Hengki mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa mendekatkan kepolisian dengan masyarakat agar terwujud kondusifitas keamanan wilayah.

"Ini dalam rangka memperingati HUT RI ke-79, untuk memaknai bagaimana perjuangan pendahulu kita. Suka cita ini kami dari Polda Banten bersama Polres jajaran juga adakan perlombaan rakyat supaya terjalin kebersamaan dan masyarakat mau berpartisipasi dalam menciptakan keamanan dan menjaga kondusifitas wilayah," kata Hengki.

Baca juga: Bunuh istri siri, dukun penglaris wanita malam ditangkap polisi Cilegon

Kapolres Cilegon AKBP Kemas Indra Natanegara menambahkan, pada kegiatan ini pihaknya mengadakan beragam lomba khas Agustusan yang digelar untuk membangun kebersamaan dengan masyarakat.

"Kami pilih di sini karena memang di sini belum pernah ada lomba HUT RI semeriah ini. Lombanya itu ada tarik tambang, panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan banyak lagi. Pesertanya dari warga kurang lebih 50 orang. Dan ini diikuti oleh anggota juga supaya lebih dekat," kata  Kemas.

Lomba peringatan HUT ke-79 RI ini diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat sehingga mereka bisa turut mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Salah satunya membantu kepolisian dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Banten beri remisi 6.284 narapidana di HUT RI
 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024