Tangerang Selatan (Antara News Banten) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan kembali berhasil meraih sertifikat Internasional Organization for Standarization (ISO), sehingga menambah panjangnya gelar sertifikasi ISO yang sudah didapatkan sejak tiga tahun lalu.

"Tahun 2016 Disdukcapil Tangsel raih ISO 9001:2008, Tahun 2017 pun raih ISO yang sama, dan di 2018 ini meraih ISO 001:2015," kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Yoyoh Rohaeti di Ciputat Tangerang Selatan, Rabu.

Menurutnya ISO 9001:2015 ini merupakan penghargaan yang metode penilaiannya dimulai dari management pelayanan, surat menyurat, sarana dan prasarana, dan resiko kinerja,ini semua harus sesuai standarisasi ISO.

Seperti halnya pelayanan keliling yang dilakukan Disdukcapil. Penilaian ISO ini dilihat seberapa besar keuntungan dari program tersebut, dampaknya seperti apa, resiko yang didapat seperti apa. ?Itu semua harus tertuang dalam bentuk kajian penilaian,?jelasnya.

Sementara Sekretaris Disdukcapil Kota Tangsel, Oom Komalasari, menjelaskan, dengan pencapaian sertifikat tersebut menunjukan Disdukcapil telah berhasil mempertahankan dedikasi serta implementasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Disdukcapil Tangsel telah mempertahankan sistem manajemen mutu selama tiga kali. Tentu hal tersebut menunjukan dedikasi yang tinggi dari Disdukcapil. Maka harus bisa mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan ke arah yang lebih baik lagi," ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan meraih ISO ini merupakan salah satu bagian dari komitmen Disdukcapil. Karena itu, ISO itu akan dijadikan barometer dalam upaya meningkatkan pelayanan.

Dia menambahkan, Disdukcapil akan terus meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan menerapkan manajemen mutu yang tidak hanya sekedar mengejar pujian atau penghargaan. Tetapi keinginan mewujudkan kinerja pemerintahan yang bersih dan transparan

Sementara sertifikasi ISO sendiri merupakan suatu standar internasional untuk sertifikasi system manajemen mutu dan sertifikasi system manajemen kualitas.

Baca juga: Disdukcapil Siap Cetak 315 Ribu Keping KIA

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018