Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Banten menggelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di tiga titik persimpangan Kota Serang. 
 
Wadansat Brimob Banten, AKBP Hadi Saepul Rahman, di Serang, Sabtu, mengatakan titik persimpangan yang menjadi tempat upacara yakni lampu merah Kebun jahe Kota Serang, lampu merah Palima Kota Serang dan lampu merah Ciceri Kota Serang.  
 
"Kegiatan ini atas perintah pimpinan Komandan Satbrimob Polda Banten dilaksanakan di jalan, karena biar kita bisa menyatu dengan masyarakat, biar masyarakat mempunyai kepunyaan terhadap Indonesia, punya jiwa patriot terhadap negara kita," katanya. 

Baca juga: Kapolda Banten imbau masyarakat tidak terpecah akibat berita hoaks
 
Selain di lapangan upacara, peringatan detik-detik proklamasi di persimpangan ini memiliki tujuan agar bisa mengajak masyarakat yang melintas untuk mengenang jasa para pahlawan.  
 
"Tujuannya di laksanakan upacara di tempat tempat umum ini untuk penyatuan dengan masyarakat," katanya. 
 
Ia menambahkan saat pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi itu, masyarakat yang melintas dan berhenti di lampu merah setiap persimpangan, baik dari sisi selatan, timur, utara, dan barat, diminta untuk mematikan mesin kendaraan mereka dan turun untuk memberikan penghormatan.  
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang membantu turut serta dalam kegiatan ini, sehingga berjalan lancar tidak ada kendala apa pun," katanya.

Baca juga: Wakapolda Banten sampaikan waspada radikalisme di upacara HUT ke-79 RI

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024