Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten bersama Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Banten menggelar pengibaran bendera bawah laut dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Republik Indonesia di Perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Sabtu.

Pelaksanaan Upacara di kedalaman 10 meter yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Arif Rahman, selaku Ketua POSSI Provinsi Banten.

Kegiatan ini diikuti sedikitnya162 peserta yang terdiri dari TNI AL, Grup 1 Kopassus Serang, Polairud Polda Banten, Basarnas, POSSI, PT Krakatau Posco, PT KBS, PT Chandra Asri, Pramuka Saka Bahari dan Komunitas Penyelam Wisata Banten dan Cilegon Star Aquatic. 

Baca juga: Pawai obor meriahkan peringatan HUT ke-79 RI di Kota Serang

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Arif Rahman mengatakan pada upacara bawah laut pada kegiatan ini juga dilakukan pembentangan bendera berukuran 10x6 meter di permukaan Perairan Pulau Sangiang yang bertujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriostisme. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan HUT RI dalam rangka menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme. Tidak hanya itu, usai kegiatan upacara juga kami laksanakan bersih-bersih sampah di dasar laut serta penanaman terumbu karang, sebagai upaya pelestarian ekosistem dan biota laut serta menjadi ajang promosi salah satu wisata bawah air di Provinsi Banten," kata Arif Rahman dalam keterangan resminya. 

Upacara HUT RI ke-79 ditutup dengan Parade Sailing Pass dengan unsur pendukung kegiatan diantaranya Kal Anyer 1-3-64, RHIB Peuchang, RBB Pulau Deli, Sea Rider Kopassus, Sea Rider Basarnas, Kapal Polairud, dan Unsur POSSI Banten.

Baca juga: MUI Tangerang ajak masyarakat doa bersama bentuk syukur kemerdekaan

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024