Nobu Bank yang merupakan Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa memperluas penggunaan QRIS sebagai bagian dari literasi digital bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan masyarakat. 

Chief Operating Officer Nobu Bank Steve Marciano Joe di Tangerang Selasa mengatakan sejak diluncurkan Bank Indonesia pada 2019 yang lalu, QRIS secara bertahap telah diadopsi masyarakat sebagai solusi metode pembayaran yang paling aman dan nyaman. 

“Kami melihat bahwa kemampuan QRIS hadir di berbagai kanal telah mendorong kami untuk melakukan berbagai terobosan, khususnya dalam membangun interlink dengan institusi non-bank yaitu para mitra kami di berbagai sektor, sekaligus memperluas literasi digital bagi masyarakat dan mitra UMKM," kata dia Steve di kantor pusat Nobu Bank di Tangerang Banten

Dengan langkah ini, katanya, Nobu Bank mampu menghadirkan QRIS semakin dekat dengan masyarakat dan mendorong pengembangan UMKM untuk naik kelas.

Baca juga: BI Banten edukasi digitalisasi pembayaran lewat QRIS jelajah Indonesia

Pada segmen usaha mikro, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah karena tersedianya QRIS Nobu Bank di jaringan warung-warung Mitra Bukalapak yaitu warung-warung yang menyediakan kebutuhan pokok dan pulsa yang dibina oleh Bukalapak. 

"QRIS tidak hanya memudahkan pelanggan warung saat membayar, namun juga pemilik warung karena kemudahan pengelolaan dana yang diterima langsung di rekening bank miliknya," ujarnya.

Selain sektor perdagangan, Nobu Bank juga membangun kolaborasi dengan aktivitas laundry swalayan yang bisa menikmati kemudahan pembayaran melalui QRIS Nobu Bank di seluruh jaringan UMKM pengelola laundry yang menggunakan aplikasi Smartlink. "Ini sebagai solusi digital yang kini telah memiliki lebih dari 7.000 mitra," ujarnya.

Baca juga: 34 UMKM unggulan Banten hadir di festival ekonomi digital Indonesia

Pada sektor transportasi, QRIS Nobu Bank dapat dijumpai di jasa angkutan bus yang dikelola Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Calon penumpang dapat langsung membayar tiket saat naik ke bus dengan mudah dan nyaman karena tersedia metode pembayaran menggunakan QRIS. "Hal ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Nobu Bank yang dalam hal ini bekerja sama dengan Jaring," ujarnya.

Selain di bus PPD, masyarakat juga dapat menemukan QRIS Nobu Bank di halte dan stasiun-stasiun yang menyediakan mesin isi ulang uang elektronik sehingga memudahkan siapa saja yang memerlukan top up uang elektroniknya. 

Sementara itu, di sektor food & beverage, para pecinta kopi di gedung-gedung perkantoran juga dengan mudah akan menjumpai 
QRIS Nobu Bank saat membeli kopi di mesin kopi pintar milik Jumpstart yang kini tersebar di lebih dari 3.000 lokasi di Indonesia. 

"Komitmen pengembangan QRIS yang diemban Nobu Bank telah diwujudkan dalam berbagai terobosan dan inovasi melalui interlink dengan berbagai mitra, kanal dan berbagai sektor usaha, terutama pelaku UMKM," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang: 167 UMKM siap dilibatkan pada pengadaan makan bergizi gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024