Uji coba program makan bergizi gratis (MBG) di Kota Tangerang pada hari kedua dilaksanakan di lima sekolah jenjang SD dan SMP dengan jumlah sasaran sebanyak 4.128 siswa.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan pada hari kedua uji coba makan bergizi gratis dilaksanakan di SDN Karawaci 7, SDN Pasar Baru 1, MtsN 2 Tangerang, SMPN 6 serta SMPN 29 Kota Tangerang dengan target sejumlah 4.128 siswa.

"Sampai dengan hari kedua pelaksanaan uji coba MBG di Kota Tangerang ini, secara umum anak-anak sangatlah antusias dengan makanan yang disajikan," kata Nurdin usai meninjau di SDN Pasar Baru 1 dan SMPN 29 Kota Tangerang, Selasa.

Baca juga: Pemkot Tangerang terima bantuan 15.000 paket susu dukung makan gratis

Ia mengungkapkan, hingga hari kedua pelaksanaan MBG di Kota Tangerang sejauh ini anak-anak SD dan SMP yang menjadi sasaran program uji coba sangatlah antusias dengan makanan yang disajikan.

"Bahkan ada yang minta nambah. Namun, kita coba juga berikan pemahaman bahwa porsi yang disajikan sudah sesuai dengan saran dari ahli gizi, sehingga yang utama di sini adalah kecukupan dalam pemenuhan gizi yang seimbang bagi anak-anak kita," katanya.

Ia menambahkan, program uji coba MBG tersebut, juga merupakan sarana edukasi bagi anak-anak tentang pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi tumbuh kembang mereka.

"Termasuk ada beberapa yang tidak suka sayur juga kita berikan pengertian. Dan kita minta untuk mencoba dan ternyata setelah dicoba untuk makan sayur mereka akhirnya suka juga. Karena mungkin kebiasaan tidak pernah makan sayur. Nah, melalui program MBG di sekolah ini mereka nanti akan jadi terbiasa untuk makan-makanan yang bergizi seimbang," katanya.

Baca juga: Catat, Pemkot Tangerang sediakan lima menu pilihan makan bergizi gratis

Ia juga menerima aspirasi dari anak-anak agar ke depannya kualitas sajian MBG semakin baik. Pemkot telah menyiapkan lima menu pilihan yang bisa dipilih oleh masing-masing sekolah.

"Agar anak-anak tidak bosan dan juga sebagai upaya kita untuk mendiversifikasi makan yang disajikan," katanya

Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih sebagai lokus untuk proyek percontohan uji coba Program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Sebelumnya pada tanggal 1 Agustus 2024, Pemkot Tangerang bersama JW Movement telah menggelar simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional Program MBG di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa.

Lalu dilanjutkan uji coba perdana pada tanggal 5 Agustus 2024 di enam sekolah yakni SDN 1, 2, dan SDN 4, lalu SMPN 13, 16 dan SMPN 17 dengan total 4.579 siswa. Pada pelaksanaannya, Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka melakukan pemantauan secara langsung.*

Baca juga: Pemkot Tangerang gunakan dana BOS daerah untuk uji coba makan bergizi gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024