Pemerintah Kota Tangerang menyebutkan program makan bergizi gratis (MBG) di Kota Tangerang nanti menyasar 315.448 siswa di 1.551 sekolah dengan melibatkan 1.551 UMKM

"Jadi satu UMKM setiap satu sekolah dan diperkirakan akan menyerap 23.265 pekerja," kata Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang Kamis.

Pemerintah (Pemkot) Tangerang bersama JW Movement akan melaksanakan uji coba program Makan Bergizi Gratis (MBG) pada 5-9 Agustus 2024 untuk 33.483 siswa di 36 sekolah

Program ini merupakan bagian dari inisiatif untuk mendukung program Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 dengan fokus pada peningkatan kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Pj Wali Kota: Biaya uji coba makan gratis di Tangerang dari dana BOS daerah

Pemkot Tangerang dan JW Movement akan menggelar simulasi strategis dan mitigasi operasional dari Program MBG. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan kelancaran pelaksanaan serta mengidentifikasi dan mengatasi potensi kendala sebelum program diluncurkan secara resmi.

Program MBG ini tidak hanya bertujuan untuk mewujudkan generasi yang sehat, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

Makanan yang disajikan dalam program ini, juga merupakan hasil kreasi dan olahan dari para pelaku UMKM, yang disesuaikan dengan standar kesehatan nasional.

"Program ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja lokal, memberikan peluang ekonomi, dan mendukung pemberdayaan UMKM di wilayah Tangerang," katanya.

Baca juga: Selama 15 tahun, sekolah Asy-Syukriyyah sudah menerapkan makan siang

Ia mengatakan, Pemkot Tangerang berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam rangka memastikan keberhasilan program ini dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

"Diharapkan adanya program MBG ini, dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat, sehingga dapat mendorong generasi yang sehat dan cerdas, juga turut meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melibatkan para pelaku UMKM di dalamnya," ujarnya.

Pemkot Tangerang pada hari ini melaksanakan uji coba pilot project makan bergizi gratis (MBG) Presiden terpilih periode 2024-2029 di lima sekolah dan melibatkan sebanyak 3.125 siswa. Lima sekolah yang dijadikan tempat uji coba yakni SD Negeri Sukasari 4, SD Negeri Sukasari 5, SMP Negeri 4 Tangerang, serta SD dan SMP As-Syukriah.

Baca juga: Program makan bergizi gratis di Kota Tangerang sasar 33.483 siswa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024