Gedung Baru Polres Metro Tangerang Kota di Jalan Perintis Kemerdekaan Babakan Kota Tangerang dilengkapi sistem keamanan berbasis IT melalui visitor management system dan sistem pelayanan yang terintegrasi dalam satu gedung pelayanan terpadu.

"Diharapkan dengan konsep ini, kualitas pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik dan semakin meningkat, apalagi di Gedung Pelayanan Terpadu ini juga tersedia sarana prasarana ramah bagi kelompok rentan," kata Kapolres Metro Tangerang Kota Komisaris Besar Pol Zain Dwi Nugroho di Tangerang Rabu.

Ia mengatakan penerapan visitor management system (VMS) untuk mendatakan masyarakat yang akan memasuki kawasan Polres guna mendukung pengamanan Mako.

Lalu ada ruang command center sebagai ruangan komando pengendalian (kodal) operasional Polres yang didukung oleh Call Center 110 untuk menerima laporan pengaduan masyarakat dan juga terintegrasi dengan CCTV Mako Polres, Lalu Lintas, Jalan Tol maupun kawasan perumahan dan pergudangan.

"Bangunan dengan konsep Smart Building ini merepresentasikan kebutuhan akan sebuah sistem dalam menyatukan seluruh layanan data, memberikan kemudahan dalam memberikan layanan, mengintegrasikan layanan yang telah ada dan membuat sebuah standarisasi layanan berbasis IT," kata dia.

Baca juga: Cegah bullying, Polres Serang beri pembinaan di lingkungan sekolah

Pihaknya juga melakukan patroli cyber terhadap informasi yang viral di masyarakat supaya dapat merespon dengan cepat untuk menanggapinya berita yang viral di Masyarakat dengan menurunkan anggota ke Lokasi kejadian," ujar Zain.

"Di Ruang Command Center, kami dapat memantau suasana lalu-lintas di wilayah Kota Tangerang dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah, pengelola jalan tol, Kawasan industri dan pergudangan, serta beberapa Kawasan perumahan agar bisa diintegrasikan dengan Polres," katnya.

Perlu diketahui gedung Baru Polres Metro Tangerang Kota dibangun sejak tahun 2019 dengan anggaran hibah dari Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Bangunan itu berdiri di atas lahan seluas 16.629 meter yang berasal dari alih status Barang Milik Negara (BMN) dari Kemenkumham RI tahun 2019.

Baca juga: Polres Serang ingatkan masyarakat akan bahaya judi online

Sementara itu kawasan gedung baru Polres Metro Tangerang Kota terdiri dari enam bangunan Inti yakni gedung utama enam lantai, gedung pelayanan terpadu empat lantai, Masjid dua lantai, gedung kantin dua lantai, gedung parkir empat lantai dan gedung logistik/sabhara empat lantai yang saat ini masih direncanakan proses pembangunannya.

Gedung utama enam lantai merupakan gedung pusat operasi Polres Metro Tangerang Kota sebagai pusat komando dan pengendalian operasional dalam menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas di 18 Kecamatan yakni 13 Kecamatan di Kota Tangerang dan lima Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Banten Fadli Afriadi mengatakan Polres Metro Tangerang Kota ke depan harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan.

"Apalagi dengan gedung baru seyogyanya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Polres Metro Tangerang Kota adalah peraih penghargaan dengan penilaian tertinggi dan berada di zona hijau," kata Fadli.

Baca juga: Polres Serang grebek kos-kosan pembuatan tembakau sintetis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024