Sebanyak 10.000 titik jalan lingkungan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, telah dipasangi lampu penerangan jalan umum (PJU) melalui program 'Tangsel Terang' tahun 2024.

Walikota Tangsel, Benyamin Davnie di Tangerang, Rabu, mengatakan peningkatan infrastruktur ruang publik dilakukan untuk menekan angka kriminalitas di daerahnya tersebut.

"Jadi penyediaan lampu penerangan jalan umum juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif. PJU Tangsel Terang untuk di permukiman penduduk aja," katanya.

Ia menyebutkan untuk pembangunan konstruksi lampu penerangan jalan umum ini dibuat setinggi kurang lebih empat meter. Kemudian kedalaman tiang 50 centimeter menggunakan lampu LED bergaransi tiga tahun.

"Soal pajak, tentunya ditanggung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangsel. Oleh karena itu masyarakat tidak dikenakan biaya apapun," kata dia.

Baca juga: Penggunaan PJU tenaga surya di Tangerang disebut bisa turunkan emisi

Sementara itu, Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) pada Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Eka Andriyana Arifin menambahkan jika berdasarkan data, periode 2022 lalu ada sebanyak 600 titik penerangan yang telah terpasang di tujuh wilayah kecamatan.

Sementara pada tahun anggaran 2023 ada sebanyak 6.500 yang telah dipasang, dan 3.000 di periode 2024 ini.

"Masyarakat diajak untuk melaporkan jika ada lampu yang rusak atau tidak berfungsi melalui kontak pengaduan yang telah disediakan," ucapnya.

Ia menambahkan, tim Tangsel Terang juga terus berupaya untuk memperluas area pemasangan titik-titik lampu ini di sudut-sudut kota yang belum terjamah.

"Program Tangsel Terang digulirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan penerangan jalan, terutama di ruas jalan lingkungan atau jalan gang, dan sejauh ini menambah rasa nyaman, dan aman bagi masyarakat di sekitarnya," ungkapnya.

Eka juga menuturkan dalam jangka panjang program Tangsel Terang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menghadirkan lingkungan yang lebih aman dan nyaman.

"Pemerintah kota berkomitmen untuk terus berinovasi dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak agar seluruh warga dapat menikmati manfaat dari infrastruktur penerangan yang lebih baik," kata dia.

Baca juga: Dishub Kota Tangerang alokasikan anggaran pembangunan 435 titik PJU

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024