Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah maupun limbah ke Sungai Cisadane karena merupakan sumber air baku.

"Masih ada sedikit sampah tadi yang kita temukan di sungai. Oleh karenanya saya mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah maupun limbah sembarangan ke sungai," katanya dalam kegiatan bebersih Sungai Cisadane, Rabu.

Terkait peringatan Hari Sungai Nasional setiap 27 Juli, Pj Wali Kota Nurdin berharap kegiatan tersebut dapat semakin meningkatkan semangat dan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan.

"Peringatan Hari Sungai Nasional ini tentunya menjadi momentum bagi kita semua untuk lebih menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai yang ada di sekitar kita," ujarnya.

Baca juga: Bebersih sungai, Pemkot Tangerang libatkan komunitas

Ia juga menekankan jika Sungai Cisadane merupakan salah satu sumber air baku yang merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat Kota Tangerang.

"Sungai Cisadane ini tidak hanya merupakan objek wisata melainkan juga menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat. Hasil pantauan kita tadi juga airnya sangat layak untuk menjadi sumber air baku bagi masyarakat. Dan tentunya ikan-ikannya juga banyak di mana hal tersebut merupakan indikator dari bersihnya air Sungai Cisadane ini," katanya.

Sementara itu kegiatan bebersih Sungai Cisadane dilaksanakan dengan titik start di Dermaga Kampung Berkelir.

Pj Wali Kota Nurdin bersama unsur masyarakat dan personel gabungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang terdiri dari BPBD, DLH serta PUPR menyusur dan membersihkan sampah di sungai itu.

Baca juga: Pengunjung Festival Cisadane 2024 lebih dari 60 ribu orang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024