Lebak (Antaranews Banten) - Gerakan Antinarkotika Nasional (Granat) Kabupaten Lebak, Banten meminta masyarakat berperan aktif untuk mencegah peredaran narkoba.

"Pencegahan narkoba itu melibatkan semua komponan masyarakat," kata Sekertaris Granat Kabupaten Lebak Iwan Mulyadi di Lebak, Rabu.

Selama ini, pihaknya prihatin korban narkoba sudah merambah ke berbagai kalangan,termasuk mahasiswa,pelajar hingga artis.

Selain itu juga peredarannya sudah masuk ke pelosok-pelosok desa.

Ancaman korban narkoba semakin terbuka sehingga perlu pencegahan dini dengan melibatkan semua komponan masyarakat dan keluarga.

Apabila, pencegahan narkoba itu tidak dilakukan dipastikan akan menghancurkan generasi penerus bangsa.

Disamping itu juga korban meninggal terus berjatuhan karena akan berdampak terhadap gangguan kesehatan.

"Kami minta warga jika ditemukan peredaran obat-obat terlarang maupun pemakai narkoba maka segera laporkan kepada petugas Kepolisian setempat," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan DPRD setempat mengoptimalkan penyuluhan-penyuluhan dan kegiatan sosialisasi  tentang bahaya narkoba kepada kalangan pelajar, remaja, dan masyarakat.

Saat ini, peredaran obat-obat terlarang ini di wilayah Lebak relatif tinggi, sehingga perlu diwaspadai agar generasi bangsa tidak menjadikan korban bahaya narkoba.

Karena itu, kata dia, diharapkan berbagai komponan masyarakat harus melawan terhadap peredaran narkoba baik jenis sabu-sabu, narkotik, ganja, dan lainya.

"Kita wajib perangi narkoba agar tidak menghancurkan penerus bangsa," ujarnya menegaskan.

Anggota DPRD Kabupaten Lebak Muhammad Husen mengatakan peredaran narkoba di Tanah Air memprihatinkan sehingga perlu pencegahan dini agar tidak menjadikan korban bagi masyarakat.

Masyarakat, ulama, tokoh pemuda, media, lembaga pendidikan, majelis taklim, pondok pesantren harus berperan aktif pencegahan peredaran narkoba.

"Kami berharap ruang gerak pelaku narkoba itu bisa ditangkap kepolisian,karena bisa membahayakan bagi negara maupun kehidupan di masyarakat," ujarnya.

Ia menyatakan masyarakat juga tidak mencoba-coba mengkonsumsi narkoba karena membawa kemudaratan.

Mereka para narkoba bisa mengancam gangguan kesehatan hingga menimbulkan kematian juga mengakibatkan hilang ingatan.

Selain itu juga bisa berhadapan dengan hukum juga dapat menghancurkan masa depan keluarga.

"Semua kita sepakat perangi narkoba karena bisa menghancurkan generasi bangsa," katanya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lebak, Yusup mengatakan, pihaknya meminta semua lapisan masyarakat untuk memerangi penyalahgunaan narkotika karena saat ini sudah merambah ke pelosok pedesaan.

"Kami berharap kepolisian terus memburu pengedar narkoba, karena wilayah Lebak rawan dijadikan tempat transaksi narkoba," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018