Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan pemantauan harga pangan di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Banten, Selasa.
 
Inspektur Badan Pangan Nasional, Muhammad Imron Rosidi, di Serang, Selasa, mengatakan secara umum untuk stok relatif stabil dan aman. Namun ada beberapa kenaikan di komoditas pangan seperti harga cabai merah keriting, cabai merah besar, dan minyak goreng.
 
"Kami telah melakukan kunjungan pangan di Pasar Induk Rau Kota Serang dari hasil yang kami peroleh, secara umum stok relatif stabil dan aman. Ada beberapa kenaikan harga seperti cabai rawit merah saat ini harganya Rp75 ribu per kilogram," katanya.

Baca juga: Pemkab Lebak jamin KPM tiap bulan terima program pangan
 
Sedangkan untuk stok beras mulai dibanjiri oleh hasil panen sehingga mengalami penurunan harga. Dan untuk komoditas yang masih mengalami kenaikan pihaknya mengaku akan melaporkan kembali kepada pimpinan untuk dilakukan tindak lanjut.
 
"Kalau perlu dilakukan intervensi, apakah ini sifatnya fluktuatif artinya hari ini naik besok turun. Tapi kalau harga bahan pokok cenderung naik terus maka memang perlu dilakukan gerakan pasar murah di setiap lokasi," katanya.
 
Pihaknya mengaku terus bekerja sama dengan pemerintah daerah, untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga pangan. Dan kunjungan ini telah menjadi agenda rutin yang bukan hanya dilakukan di Provinsi Banten.
 
"Ini merupakan kunjungan rutin yang sudah dilakukan di beberapa provinsi, jadi lebih kepada untuk memastikan harga pangan dan stok yang tersedia ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh unsur pemerintah dalam hal ini Bapanas," katanya.
 
Selain itu, Bapanas juga melakukan pengecekan pengamanan pangan yang dinyatakan oleh petugas mulai dari daging ayam, ikan, dan beberapa produk tanaman untuk mengetahui kelayakan pangan yang ada di Pasar Induk Rau. 
 
Baca juga: DKP Kota Tangerang latih petugas pasar lakukan uji keamanan pangan

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024