Serang (Antaranews Banten) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banten diminta melakukan upaya regenerasi para pengrajin mengingat kondisi pengrajin di sejumlah daerah semakin berkurang.

"Jumlah pengrajin semakin berkurang, karena itu saya berharap Dekranasda perlu memikirkan cara regenerasi pengrajin," kata Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla saat berkunjung ke Dekranasda Banten di pendopo lama Gubernur Banten di Serang, Rabu.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla yang juga istri Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten di pendopo lama gubernur Banten yang juga menjadi lokasi museum negeri Provinsi Banten.

Dalam kesempatan tersebut, Mufida menyampaikan kondisi pengrajin saat ini di sejumlah daerah di Indonesia dan mendorong agar Dekranasda bisa memberikan pembinaan serta meregenerasi pengrajin di daerahnya.

Ia mengatakan salah satu upaya agar regenerasi pengrajin bisa terwujud adalah perlu ada jurusan kerajinan daerah di setiap sekolah menengah kejuruan (SMK) di Banten.

Menurut Mufidah, regenerasi pengrajin perlu ada agar kerajinan daerah bisa tetap ada, karena melalui kerajinan itu kearifan lokal suatu daerah bisa tetap ada.

Selain meregenerasi pengrajin, menurut Mufidah, perlu ada upaya pemberdayaan pengrajin serta peningkatan kapasitas juga pola pemasaran produk-produk kerajinan.

Saat ini, kata dia, sedang gencar sistem pemasaran berbagai produk melalui daring atau online. Karena itu, Dekranasda Banten diharapkan bisa memfasilitasi para pengrajin sehingga produknya bisa bersaing dan menyebar luas.

"Dekranasda Banten harus memfasilitasi pengrajin agar produknya mendunia," kata Mufidah.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Banten Niniek Wahidin Halim mengatakan potensi kerajinan Banten sangat besar. Banten mempunyai batik yang sudah terkenal, yaitu Batik Banten, selain itu Banten pun mempunyai batu akik kalimaya yang bisa dikreasikan dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Namun demikian, kata Niniek, masih perlu peningkatan sejumlah hal agar potensi itu bisa dioptimalkan, sehingga apa yang diharapkan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional bisa terwujud.

"Dengan kehadiran ibu Ketua Dekranas'ini menjadi tambahan semangat bagi kami. Kehadiran ibu ketua di tengah-tengah kita bukti kecintaan ibu ketua kepada Banten," katanya. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018