Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang menyebutkan jumlah pengunjung Festival Cisadane mencapai 60 ribu lebih selama lima hari pelaksanaan, 20-24 Juli 2024.

"Jumlah kunjungan mencapai 60 ribu lebih hingga malam penutupan karena ada penampilan band musik yang diperkirakan ditonton 10 ribu orang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang, Kamis.

Rizal mengatakan antusias masyarakat datang ke Festival Cisadane memang tergolong tinggi  karena Pemkot menyediakan berbagai hiburan hingga jajanan kuliner yang menyedot perhatian warga.

"Festival Cisadane sangat ditunggu oleh masyarakat dalam maupun luar Kota Tangerang. Mulai dari lomba perahu naga, kulinernya, pameran produk UMKM hingga hiburan band musik digelar secara gratis," ujarnya.

Baca juga: Festival Cisadane dimeriahkan lomba perahu naga hingga kuliner

Ia berharap Festival Cisadane ke depan dapat lebih meriah dan menghibur seluruh masyarakat Kota Tangerang bahkan hingga luar Kota Tangerang.

"Mudah-mudahan, Festival Cisadane dapat lebih meriah di tahun depan. Kami akan selalu upgrade khususnya segi hiburan. Kami juga menerima masukan dari masyarakat Kota Tangerang apa yang perlu diperbaiki dan ditambahkan dari Festival Cisadane agar lebih baik lagi di tahun depan," harapnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin menyampaikan rasa syukur dan bangga atas suksesnya penyelenggaraan festival tahunan ini dan menjadi bukti nyata perpaduan budaya, olahraga, dan ekonomi kreatif yang memukau.

"Dari sisi tradisi budaya dan agama, festival ini menjadi wadah untuk melestarikan nilai-nilai luhur dan memperkuat rasa persatuan masyarakat Kota Tangerang,” kata dia.

Baca juga: Disnaker Tangerang sediakan 1.091 lowongan kerja selama Festival Cisadane

Festival Cisadane 2024 tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. "Hal ini menunjukkan, festival ini menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk dan jasa mereka kepada masyarakat luas," ujarnya.

Ia menegaskan komitmennya untuk terus melestarikan budaya Kota Tangerang melalui berbagai program dan kegiatan.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mengembangkan kekayaan budaya yang kita miliki.

“Melestarikan budaya adalah sebuah keharusan di tengah zaman yang terus berkembang. Mari kita jaga identitas budaya Kota Tangerang agar tetap lestari dan dapat diwariskan kepada generasi penerus,” kata dia.

Baca juga: Festival Cisadane jadi ajang pelaku usaha promosikan produk unggulan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024