Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Prof Yuda Taruna mengungkapkan adanya Rumah Sakit (RS) Pendidikan Utama milik sendiri menciptakan kesinambungan antara teori dan praktik.

"Dosen yang juga berpraktik di rumah sakit dapat memberikan pengawasan dan bimbingan langsung kepada mahasiswa selama praktik klinis," kata Prof Yuda dalam keterangannya yang diterima di Tangerang Kamis.

Ia menuturkan beragam sarana pendidikan yang disediakan bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran dan praktik mahasiswa, memperkaya pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis.

"Dengan fasilitas yang lengkap dan modern ini, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Katolik Indonesia Unika Atma Jaya memastikan setiap mahasiswa mendapatkan pengalaman pendidikan yang komprehensif, interaktif, dan aplikatif, mempersiapkan mereka menjadi tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional," ujarnya.

Baca juga: Unika Atma Jaya sediakan beasiswa bagi anak guru

Sejak berdiri dari 1964, FKIK Unika Atma Jaya Jakarta secara konsisten mempertahankan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selain itu, fakultas ini juga telah terekognisi oleh ASEAN University Network Quality Assurance (AUNQA), sebuah penghargaan yang menandakan kualitas pendidikan yang diakui di tingkat internasional. 

Tak hanya itu, FKIK Unika Atma Jaya juga memiliki sertifikasi ISO Sistem Organisasi Manajemen Pendidikan (21001: 2018), sebagai pembuktian memiliki standard dalam setiap pelaksanaan perkuliahan. 

"Kita juga memiliki laboratorium dengan peralatan modern serta ruang kelas yang ditunjang teknologi terkini dalam mendukung sistem kelas yang interaktif," ujarnya.

Baca juga: Unika Atma Jaya kerjasama pendidikan fast track dengan kampus di Italia

Sementara itu tingkat kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) setiap tahun rata-rata lebih dari 95 persen 1st taker PSPPD. "Prestasi ini mencerminkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di fakultas, serta kesiapan para mahasiswanya dalam menghadapi tantangan di dunia medis," ujarnya.

Keunggulan lain yang dimiliki FKIK Unika Atma Jaya adalah adanya museum anatomi yang modern dan satu-satunya museum pendidikan PSPPD di Indonesia dilengkapi dengan berbagai koleksi model organ tubuh manusia yang sangat lengkap dan terkini. 

"Dengan adanya museum ini, mahasiswa dapat mempelajari anatomi manusia secara lebih mendalam dan praktis. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah yang signifikan bagi FK Unika dalam menyediakan sumber belajar yang komprehensif dan menarik," katanya.

Baca juga: Universitas Atma Jaya Resmikan Kampus III Di BSD

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024