Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang memastikan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024 telah tuntas 100 persen.

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah di Tangerang, Rabu, mengatakan bahwa KPU Kota Tangerang berhasil menuntaskan proses coklit data pemilih untuk Pilkada 2024 sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Berdasarkan hasil koordinasi terakhir, KPU Kota Tangerang memastikan proses coklit telah mencapai 100 persen.

“Kami berhasil menuntaskan proses coklit sesuai dengan target sebulan yang sebelumnya ditentukan, semua berjalan lancar, serta dipastikan 100 persen telah dituntaskan,” kata dia.

Ia melanjutkan, KPU Kota Tangerang akan melanjutkan persiapan menuju tahapan selanjutnya, yakni penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2024 di Kota Tangerang.

Baca juga: Sekda Kota Tangerang ajak masyarakat sukseskan coklit

Setelah proses coklit dituntaskan, KPU Kota Tangerang telah mengantongi data jumlah pemilih sebanyak 1.385.155 orang yang akan berpartisipasi dalam Pilkada 2024 mendatang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang belum tercoklit dapat langsung mengurusnya bersama Petugas Pemungutan Suara (PPS) yang telah tersebar di seluruh kelurahan di Kota Tangerang. Hal ini dilakukan untuk memastikan hak pilih pada Pilkada 2024 mendatang,” katanya.

KPU Kota Tangerang menerjunkan sebanyak 5.173 petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) yang tersebar di 104 Kelurahan.

Pantarlih bertugas melakukan penyesuaian data yang diterima berdasarkan Form Model A daftar pemilih untuk kemudian dilakukan pemuktahiran data.

Baca juga: 1,5 juta warga Tangsel sudah lakukan coklit Pilkada 2024

Sementara itu berdasarkan data KPU Kota Tangerang jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) kota Tangerang bertambah 22.422 jiwa dibanding pemilu 2024. DPT Kota Tangerang pada Pemilu (Pileg dan Pilpres) 2024 sejumlah 1.362.733 jiwa. Sedangkan untuk Pemilu Kepala Daerah berdasarkan DP4 sejumlah 1.385.155 jiwa.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang Teguh Supriyanto mengatakan telah membantu menyosialisasikan kepada masyarakat dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Selain itu Pemkot Tangerang juga mendapatkan penghargaan dari Kemendagri terkait komitmen di Pilkada melalui alokasi anggaran untuk KPU, Bawaslu, TNI dan Polri.

Baca juga: KPU Tangerang libatkan 8.706 pantarlih untuk coklit data pemilih

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024