Universitas Multi Media (UMN) Tangerang, Banten, melakukan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Timor-Leste di bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat.

“Menurut saya kerja sama ini penting karena di Indonesia sendiri ada dua persoalan yang cukup serius yaitu kemiskinan dan kebodohan. Dua hal ini hanya bisa diselesaikan dengan pendidikan. Saya yakin dengan adanya pendidikan yang layak bisa membuat orang jadi lebih baik dan terdidik," kata Ketua Yayasan Multimedia Nusantara Teddy Surianto dalam keterangannya di Tangerang Jumat.

Teddy berharap dengan kerja sama ini bisa memberikan kesempatan pada mahasiswa Timor-Leste yang ingin berkuliah di UMN ataupun Vokasi MNP. Karena pendidikan merupakan suatu hal yang penting untuk dikembangkan, sehingga tidak hanya infrastruktur dan ekonomi saja.

“Kami juga memberikan kesempatan lain, seperti pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, joint-research. Selain itu jika ada unit bisnis yang ingin dikolaborasikan juga bisa, misalnya jika Timor-Leste ingin membangun kampus yang berlandaskan ICT, pihak UMN sangat bersedia untuk sharing," katanya.

Baca juga: UMN luncurkan program penanganan bencana lalui visualisasi data

Perlu diketahui kunjungan Menteri Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste José Honório da Costa Pereira Jerónimo ke UMN Tangerang memenuhi undangan resmi dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Kunjungan ini didampingi oleh Konselor Kedutaan Timor Leste di Indonesia Domingos Savio V dan delegasi.

Rektor UMN Ninok Leksono mengatakan kunjungan ini bertepatan dengan tujuan UMN saat ini yaitu menjadi universitas kelas dunia.

“Saya harap dengan kunjungan ini bisa saling mendukung dari dua pihak dan hal yang penting adalah spirit kita. Indonesia sendiri, walaupun sudah terlihat maju tapi masih dibutuhkan pendidikan dan edukasi. Masih banyak hal yang perlu dikembangkan juga, maka saya harap dari kerja sama ini kita bisa sama-sama memberikan keuntungan yang besar untuk kedepannya”, kata Ninok.

Menteri Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Timor Leste José Honório da Costa Pereira Jerónimo mengatakan tertarik untuk bekerja sama pada banyak bidang, terutama pada sektor pendidikan.

“Sebuah kebanggaan bagi saya bisa mengunjungi UMN, saya sangat berterima kasih sudah mau mengundang kami untuk berkunjung. Saya harap dengan kerja sama ini bisa membuka jalan untuk UMN agar bisa berkolaborasi dengan perguruan tinggi di Timor-Leste. Walaupun Timor-Leste adalah negara yang kecil, tapi kami sangat memperhatikan edukasi,” ucap Jose.

Baca juga: UMN gelar pelatihan fasilitator rumah baca di Lebak

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024