Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang, Banten menyebutkan sebanyak 182.084 siswa telah menerima manfaat beasiswa Tangerang Cerdas yang digulirkan pemkot setempat pada tahun 2014.

"Sejak tahun 2014 hingga 2023, kami mendata sudah ada 182.084 siswa telah menerima manfaat beasiswa Tangerang Cerdas," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin di Tangerang, Kamis.

Ia menuturkan program beasiswa Tangerang Cerdas adalah upaya untuk memastikan seluruh anak di kota itu tidak putus sekolah.

Baca juga: Disdik bagikan bantuan beasiswa Nonpersonal Rp35 miliar ke 146 sekolah

Saat ini, program tersebut terus berjalan untuk membantu seluruh masyarakat Kota Tangerang yang kurang mampu, karena cukup besar manfaat yang diperoleh.

Setiap murid akan mendapatkan bantuan sebesar Rp80 ribu per bulan untuk jenjang SD dan SMP sebesar Rp100 ribu per bulan.

"Uang tersebut dapat dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan perlengkapan sekolah, karena sekolah negeri sudah gratis," ujarnya.

Baca juga: Unika Atma Jaya sediakan beasiswa bagi anak guru

Ia mengatakan beasiswa ini diberikan kepada murid yang kurang mampu dan sudah terdaftar di DTKS. Proses pengajuan beasiswa hanya membutuhkan kelengkapan dokumen seperti KTP, KK, dan akta kelahiran. Selanjutnya, akan dibantu oleh pihak sekolah untuk proses pengajuannya.

Jamaluddin berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kota Tangerang. Sehingga, Kota Tangerang dapat mencetak lulusan terbaik di Tanah Air.

Dinas Pendidikan akan terus berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak dalam menerima pendidikan, khususnya yang berkualitas.

"Sehingga, Kota Tangerang dapat mencetak lulusan terbaik di Indonesia dan dapat berkontribusi dalam pembangunan Kota Tangerang pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.

Baca juga: Bank Indonesia Banten salurkan beasiswa pendidikan untuk 125 mahasiswa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024