Kelompok suporter sepakbola Jakmania menyambut baik kerjasama dengan Eka Hospital Gym terkait pelatihan pertolongan pertama dalam menyelamatkan nyawa pada situasi darurat seperti serangan jantung atau kecelakaan. 

Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarno di Tangerang Rabu mengatakan pelatihan tersebut sangat baik untuk pengurus dan anggota Jakmania dalam meningkatkan kesehatan dan keselamatan bersama.

Apalagi The Jakmania menyadari pentingnya edukasi tentang cara melakukan pertolongan pertama terutama pada kegiatan yang melibatkan sejumlah massa yang besar.

"Semoga kedepannya akan ada banyak upgrade dan edukasi yang bisa dilakukan oleh dokter Olahraga Eka Hospital BSD kepada Jakmania dalam memberikan pertolongan di situasi darurat," ujarnya di Eka Hospital Gym.

Baca juga: Pola makan tak sehat disebut faktor utama penyakit jantung

Diky juga menambahkan program pengenalan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bukan hanya mencerminkan kolaborasi yang erat antara Eka Hospital BSD dan The Jakmania tetapi juga komitmen berperan aktif memberikan edukasi bermanfaat bagi masyarakat. 

Kerjasama pelatihan ini juga didorong oleh kesadaran pengetahuan tentang BHD masih membutuhkan dorongan edukasi yang lebih meluas di kalangan komunitas suporter olahraga.

Sebab pengetahuan ini memiliki potensi yang sangat penting terutama dalam menghadapi situasi darurat di stadion besar saat pertandingan sepakbola.

"Jika merujuk pada rekomendasi FIFA, setidaknya harus ada satu penolong pertama untuk setiap 1000 pendukung. Namun, penerapan rekomendasi ini di Indonesia masih perlu langkah-langkah lebih lanjut. Oleh karena itu, kami akan fokus melatih koordinator lapangan terlebih dahulu, dengan harapan dapat melakukan pelatihan lebih luas di masa depan," kata dia.

Baca juga: Eka Hospital targetkan pembangunan tujuh RS baru tuntas 2027

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Eka Hospital BSD dr. Donny Kurniawan mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama.

Terutama CPR atau Bantuan Hidup Dasar (BHD) yakni keterampilan vital yang dapat menyelamatkan nyawa dalam situasi darurat seperti serangan jantung atau kecelakaan.

Eka Hospital berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih teredukasi tentang pentingnya keterampilan BHD dan memperkuat posisinya sebagai rumah sakit yang peduli pada keselamatan masyarakat

"Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya bersama dengan Bung Ferry dan Bung Diky yang telah lama direncanakan. Kami berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengetahuan BHD di kalangan teman-teman suporter," ujarnya.

Baca juga: Dokter sebut sering lelah hingga rambut rontok tanda alami gejala autoimun

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024