Jakarta (Antara News) - Sebanyak 17 proyek inovasi yang dibawa peserta dari Indonesia dalam Kaohsiung International Invention and Design EXPO (KIDE) di Kaohsiung, Taiwan berhasil meraih penghargaan, diantaranya adalah Inovasi Terbaik di Asia.

President Indonesian Invention and Innovation (INNOPA) Erricha Insan Pratisi  di Jakarta, Selasa, menjelaskan keberhasilan meraih 17 Special Award adalah prestasi yang sangat membanggakan bagi Indonesia di kancah dunia.

Apalagi, peserta event KIDE tahun ini meningkat sangat drastis yakni mencapai 500 peserta dari 20 negara sehingga persaingannya pun tak mudah. Adapun pesertanya adalah dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari Sekolah dasar hingga para professor.

"Tak semua negara berhasil meraih penghargaan ini tetapi Indonesia berhasil mendapatkan 17 special award. Tentu saja ini sangat mengharumkan nama bangsa dan kedepannya INNOPA akan terus berusaha memotivasi teman-teman inovator lainnya di Indonesia untuk berprestasi di Internasional dan bersama-sama membuat Indonesia bangga," katanya dalam keterangan kepada media di Jakarta.

Kaohsiung International Invention and Design EXPO (KIDE) diselenggarakan oleh World Invention and Intellectual Properti Association (WIIPA) dan Taiwan Inventions Product Promotion Association (TIPPA) di International Convention Centre Kaohsiung (ICCK) Taiwan dari tanggal 8 sampai 10 Desember 2017.

Acara internasional ini merupakan pameran pertama yang menggabungkan "Invention", "Design" dan "International Conference".

Indonesian Invention Innovation Promotion Association (INNOPA) merupakan asosiasi nasional ditunjuk secara resmi untuk menseleksi karya para innovator Indonesia secara online yang dibuka sejak 1 tahun yang lalu.

Setiap tahun inovasi yg dipamerkan juga sangat luar biasa, berasal mulai dari para inventor sekolah dasar, sekolah menengah, universitas, bahkan sampai industri.

Di tahun ini, INNOPA berhasil membawa 17 tim yang berasal dari 11 sekolah dan universitas di seluruh Indonesia dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan yaitu delapan gold, 5 silver, dan 4 bronze.

"Dengan raihan yang sekarang didapat dapat memotivasi inovator lainnya. Semoga semakin banyak inovator yg termotivasi untuk unjuk gigi dan berprestasi di kancah Internasional. Kami mengundang, bukan hanya dari kalangan siswa atau mahasiswa tapi juga bagi perusahaan dan institusi di Indonesia untuk berani memamerkan produk-produk inovasinya," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017