Penjual kelengkapan sekolah seperti ritel buku tulis mulai mengalami peningkatan dari kunjungan pembeli di Kabupaten Tangerang, Banten, menjelang tahun ajaran baru tahun 2024/2025.

Salah satu ritel yang mengalami lonjakan jumlah pembeli tersebut adalah Toko Gramedia di Mall Cikupa, Kabupaten Tangerang, pada Senin (8/07).

Berdasarkan pantauan, jumlah pembeli buku tulis di lokasi ritel itu terlihat mengalami peningkatan cukup signifikan, meskipun masih dalam batas yang relatif normal.

Sejumlah harga perlengkapan tulis di ritel yang disediakan pun bervariasi mulai kisaran antara Rp41 ribu hingga Rp73 ribu per paket untuk jenis buku tulis.

Baca juga: Budayakan gemar membaca, relawan Forum Rangkasbitung sediakan buku

Sementara untuk paket belajar terdiri dari tas, buku, dan alat tulis, berkisar Rp269 ribu hingga Rp369 ribu per paket.

"Untuk paket buku dengan harga Rp41 ribu sampai 73 ribu ini tergantung jenis dan merk buku," ucap Sinta (27), salah satu penjaga toko di Mall Cikupa, Tangerang, Senin.

Dia menyebutkan harga buku tulis dan perlengkapan sekolah saat ini masih relatif stabil dan belum mengalami kenaikan.

"Kalau untuk harga sekarang masih relatif normal, sekarang belum ada kenaikan. Bahkan kita kasih potongan harga untuk nilai tersebut," ucap dia.

Mirna (19), salah satu pembeli buku perlengkapan sekolah, mengaku sengaja membeli lebih awal untuk menghindari kenaikan harga dan kepadatan pembeli jelang masa tahun ajaran baru.

Selain itu pembelian perlengkapan sekolah dilakukannya lebih awal agar tidak kehabisan persediaan buku. "Untuk harga terbilang masih normal, makanya saya beli perlengkapan sekolah diawal," tuturnya.

Baca juga: Tingkatkan literasi masyarakat, Pemkab Tangerang gelar pameran buku

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024