Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang, Banten menyediakan layanan konsultasi bagi pekerja terkait berbagai urusan seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama, serikat pekerja/buruh dan LKS Bipartit.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan di Tangerang, Minggu mengatakan masyarakat bisa datang konsultasi di jam operasional yaitu Senin - Jumat pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB

Ia mengajak seluruh pekerja Kota Tangerang untuk memanfaatkan layanan konsultasi tersebut. Sehingga, dapat membantu para pekerja di Kota Tangerang terkait permasalahan atau informasi-informasi tentang ketenagakerjaan.

"Kami harap, dengan adanya layanan konsultasi tersebut dapat membantu para pekerja di Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Disnaker Tangerang ajak perusahaan bantu pekerja rentan miliki perlindungan

Sementara itu sebagai upaya untuk memfasilitasi masyarakat dalam bidang tenaga kerja, Disnaker telah menyiapkan berbagai program yakni pelatihan keterampilan di Balai Latihan Kerja yang tersebar di lima lokasi secara gratis.

Bursa Kerja Khusus tingkat SMK yang telah bekerjasama dengan 122 SMK Negeri dan swasta, Bursa kerja secara virtual dan offline rutin dilaksanakan setiap bulan.

Pelatihan kewirausahaan melalui Mobil Si Praja yang dilaksanakan di wilayah, job fair bagi disabilitas bekerjasama dengan perusahaan, pelatihan di balai latihan kerja dan di Aplikasi Tangerang LIVE menyediakan info lowongan kerja terintegrasi.

Tingkat pengangguran terbuka di Kota Tangerang selama tiga tahun terakhir pun mengalami penurunan yakni pada tahun 2021 sebesar 9,07 persen, tahun 2022 di angka 7,16 persen dan tahun 2023 di angka 6,76 persen.

Baca juga: Dispora Kota Tangerang bersama BKPRMI gelar Festival Al-A'zhom

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024